Inovasi Pembelajaran PAI SD/SMP/SMA (Teori dan Praktik)

Eni Fariyatul Fahyuni, Eni Fariyatul Fahyuni and Nurdyansyah, Nurdyansyah (2019) Inovasi Pembelajaran PAI SD/SMP/SMA (Teori dan Praktik). Nizamia Learning Center, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. ISBN 978-623-7169-76-5

[img] Text
Buku Inovasi Pembelajaran PAI.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pendidikan dapat dikatakan sebagai katalisator utama dalam pengembangan SDM, dengan anggapan bahwa semakin terdidik seseorang, semakin tinggi pula kesadarannya terhadap segala aspek kehidupan dalam meningkatkan daya saing di era global saat ini, sebagaimana yang diamanatkan oleh Undang-Undang Sisdiknas No. 20 Tahun 2003 yang menyatakan bahwa pendidikan berperan mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, mengembangkan potensi anak agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, mandiri, kreatif, dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab. Sejalan dengan perkembangan paradigma dunia tentang makna pendidikan, pendidikan dihadapkan pada sejumlah tantangan yang semakin berat. Salah satu tantangannya adalah bahwa pendidikan hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang memiliki kompetensi yang utuh, yakni menghasilkan lulusan yang kompetitif, inovatif, kreatif, kolaboratif serta berkarakter. Proses pembelajaran pendidikan PAI pada tingkat SD/SMP/SMA perlu adanya pembaharuan yang kenyataannya selama ini masih banyak bersifat konvensional, tidak terlihat adanya improvisasi dalam pembelajaran. Melalui buku ini, penulis berusaha untuk memberikan solusi agar pembelajaran PAI diterapkan menggunakan berbagai metode dan dapat dijadikan acuan bagi setiap guru, para pengajar, orang tua, para pemerhati di bidang pendidikan, serta menjadi sumber referensi belajar dan kajian bagi para mahasiswa semester VII untuk dapat dikembangkan sebagai suatu pendekatan yang tepat dan berdaya guna.

Item Type: Book
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: N Nurdyansyah
Date Deposited: 20 Feb 2020 08:04
Last Modified: 20 Feb 2020 08:04
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6675

Actions (login required)

View Item View Item