Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Bangun Ruang Limas dan Bangun Ruang Prisma

Fauziah, Ulfi (2017) Analisis Kesalahan Siswa dalam Pemahaman Konsep Bangun Ruang Limas dan Bangun Ruang Prisma. Universitas Muhammadiyah sidoarjo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
148620600016 Ulfi Fauziah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (25kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesalahan siswa dalam pembelajaran matematika SD. Fokus penelitian penulis pada materi bangun ruang sederhana prisma dan bangun ruang sederhana limas. Penulis melakukan penelitian di kelas IV-B SDN Kludan dengan jumlah 38 siswa. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi di kelas IV-B dan wawancara secara langsung yang dilakukan saat jam istirahat berlangsung.. Hasil penelitian berdasarkan observasi dan wawancara serta tes yang dijalani oleh siswa menunjukkan adanya kesalahan konsep dan kesalahan prosedural materi bangun ruang prisma dan bangun ruang limas. Dari 38 siswa, terdapat 11 siswa yang telah mamahami secara keseluruhan bangun ruang prisma sedangkan 27 siswa belum memahami. Kemudian dalam bangun ruang limas, 16 siswa yang telah memahami secara keseluruhan bangun ruang limas sedangkan 22 siswa belum memahaminya.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 19 Aug 2017 12:43
Last Modified: 19 Aug 2017 12:43
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/660

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item