Solusi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Melalui model pembelajaran Cooperatif Learning dan media origami

Insyiroh, Ilusia (2017) Solusi Kesulitan Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Melalui model pembelajaran Cooperatif Learning dan media origami. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
148620600064 Ilusia Insyiroh.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (175kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memberikan solusi dalam mengatasi kesulitan siswa menghitung jumlah lipatan pada bab simetri lipat mata pelajaran matematika kelas IV di SDN Kali tengah 1dengan menggunakan model kooperatif learning STAD. Metode penelitian ini menggunakan PTK (penelitian tindakan kuantitatif). Subyek penelitian yaitu siswa kelas IV SDN Kali Tengah 1. Observasi awal berdasarkan hasil penelitihan di SDN kali tengah 1 menunujukkan pembelajaran matematika masih menggunakan metode ceramah. Salah satu upaya untuk mengatasi kesulitan belajar sehingga meningkatkan prestasi hasil belajar siswa SDN kali tengah 1 yaitu dengan cara menggunakan model pembelajaran, cara efektif dalam mata pelajaran matematika bab simetri lipat dengan menggunakan media origami di dukung dengan model kooperatif learning tipe STAD. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada siswa SDN kali tengah 1 dapat meningkatan prestasi belajar oleh siswa. Pembelajaran kooperatif tipe STAD adalah suatu pembelajaran, dimana kelas dibagi menjadi beberapa kelompok yang anggotanya empat siswa maximal 5 siswa, anggotanya mempunyai kemampuan yang bermacam-macam atau (campurn), yaitu ; tingkat kinerja, jenis kelamin, dan suku. Diskusi yang dilakukan oleh siswa bertujuan untuk melatih kemampuan siswa yang terdapat pada lembar diskusi kelompok . Masalah yang diajukan berisi tentang materi matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Dengan menggunakan media origami siswa dapat memahami secara mudah penjelasan yang sudah di jelaskan oleh guru. Dan dengan cara belajar mmenggunakan media origami tersebut dapat mempermudah kesulitan belajar secara signifikan pada pokok materi simetri lipat siswa kelas IV SDN Kali Tengah 1 tahun pelajaran 2016/2017.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 19 Aug 2017 12:42
Last Modified: 19 Aug 2017 12:42
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/659

Actions (login required)

View Item View Item