ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SD PADA MATERI BILANGAN BULAT

Jannah, Firdatul (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SD PADA MATERI BILANGAN BULAT. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
148620600072 Firdatul Jannah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (162kB) | Preview

Abstract

Miskonsepsi atau kesalahpahaman konsep dalam mentransfer informasi yang di peroleh oleh peserta didik ke dalam kerangka kerjanya, merupakan hal yang sering di jumpai di sekolah dasar. Miskonsepsi yang terjadi pada peserta didik akan mengakibatkan mengalami kesalahan juga untuk konsep pada tingkat berikutnya. Sehingga mengakibatkan terjadinya rantai kesalahan konsep yang tidak terputus karena konsep awal yang telah dimiliki. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan miskonsepsi dan faktor yang menyebabkan miskonsepsi yang terjadi pada siswa SDN LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO pada materi bilangan bulat. Subyek yang digunakan dalam penelitian ini adalah siswa IV-A yang mengalami miskonsepsi di SDN LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes diagnostik miskonsepsi dan wawancara. Dari hasil penyajian data dan pembahasan diperoleh kesimpulan bahwa miskonsepsi siswa IV-A SDN LEMAHPUTRO 1 SIDOARJO pada dua siswa mengalami persamaan miskonsepsi pada konsep definisi bilangan bulat positif dan konsep bilangan bulat negatif.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 19 Aug 2017 12:45
Last Modified: 19 Aug 2017 12:45
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/656

Actions (login required)

View Item View Item