Yasifun, Yasifun (2019) STRATEGI PENYUSUNAN RKS DAN RKAS. STRATEGI PENYUSUNAN RKS DAN RKAS, 78. pp. 1-78. (Submitted)
Text
STRATEGI PENYUSUNAN RKS DAN RKAS.docx Download (365kB) |
Abstract
Berdasarkan Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan disebutkan bahwa setiap sekolah pada semua jenjang baik SD/MI, SMP/MTs, SMA/MA/SMK, baik negeri maupun swasta harus menyusun RKS dan RKS. RKS dan RKAS merupakan dokumen perencanaan sekolah yang merupakan satu kesatuan. Dengan RKS, akan diperoleh gambaran umum rencana pengembangan sekolah selama 4 (empat) tahun ke depan. Sedangkan RKAS merupakan penjabaran secara rinci dan detail program sekolah yang berlaku selama 1 (satu) tahun pelajaran, merupakan kegiatan yang disusun sekolah untuk memenuhi Standar Nasional Pendidikan (SNP). RKS dan RKAS adalah dokumen yang berisi perencanan sekolah yang tersusun dalam dokumen secara tertulis akan menjadi pedoman bagi sekolah dalam melaksanakan program-program kegiatan dalam rangka untuk mewujudkan visi, misi dan tujuan sekolah tersebut.Untuk menyusun RKS dan RKAS, diperlukan strategi yang mengacu pada regulasi yang telah ditentukan oleh pemerintah khususnya kementrian pendidikan dan kebudayaan. Penyusunan dokumen RKS dan RKAS perlu melibatkan stakeholder sekolah antara lain kepala sekolah, wakasek, pendidik/guru, tenaga administrasi sekolah, dan anggota komite sekolah.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 22 Nov 2019 01:43 |
Last Modified: | 22 Nov 2019 01:43 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6543 |
Actions (login required)
View Item |