Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Masalah Matematika Materi Simetri Dan Pencerminan

Azizah, Uci Nur (2017) Proses Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar Masalah Matematika Materi Simetri Dan Pencerminan. Universitas Muhammadiyah sidoarjo.

[img]
Preview
Text
148620600021 Uci Nur Azizah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (264kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan proses berpikir kritis siswa kelas V SDN Karang Tanjung, Candi masalah matematika pada materi simetri dan pencerminan bangun datar. Jenis penelitian ini adalah termasuk dalam penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif dan menggunakan purposive sampling sehingga subjek peneltiannya yaitu tiga siswa kelas V SDN Karang Tanjung dengan kemampuan matematika yang berbeda-beda yaitu dari yang tinggi, sedang, hingga rendah. Dari kegiatan subjek dalam menyelesaikan masalah matematika dan kegiatan wawancara diperoleh informasi proses berpikir kritis mereka. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap proses berpikir kritis. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan matematika lebih tinggi dapat melalui seluruh tahapan proses berpikir kritis, yaitu klarifikasi, assesmen, inferensi, danstrategi pada semua soal. Sedangkan dua subjek lainnya yang memiliki kemampuan matematika sedang dan rendah tidak dapat melalui salah satu atau lebihdari empat tahap proses berpikir kritis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 09 Aug 2017 15:42
Last Modified: 09 Aug 2017 15:42
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/650

Actions (login required)

View Item View Item