PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN LABE (LANTAI BERHITUNG) PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS III TERHADAP HASIL BELAJAR

Rasdiana, Rara (2017) PENTINGNYA MEDIA PEMBELAJARAN LABE (LANTAI BERHITUNG) PADA PELAJARAN MATEMATIKA SISWA SD KELAS III TERHADAP HASIL BELAJAR. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
148620600049 Rara Rasdiana.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (244kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pentingnya media pembelajaran labe (lantai berhitung) dalam pembelajaran metematika siswa sd kelas III terhadap peningkatan hasil belajar yang akan diperoleh . Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dikarenakan data ini diperoleh dengan cara observasi dan wawancara dan disajikan dengan bahasa penulis sendiri. Selanjutnya , apabila dilihat dari isi penelitian ini dapat diketahaui penelitian ini bersifat deskriptif. Pada saat observasi pembelajaran materi luas dan keliling persegi dan persegi panjang ini adalah mengulang materi yang telah diajarkan pada minggu sebelumnya berikut adalah nilai hasil belajar yang dilaksanakan pada minggu sebelum terjadi observasi, dalam pembelajaran menemukan rumus luas dan keliling persegi dan persegi panjang ini, seorang guru tidak hanya satu kali memberikan pengajaran jadi bisa diperkenalkan terlebih dahulu materi bangun ruangnya baru menuju bagaimana cara menemukan sendiri rumus matematikannya. Tidak hanya itu untuk mempermudah pemahaman perseta didik, guru bisa memberikan metode pembelajaran dan media pembelajaran yang intertif kepada siswa agar siswa lebih mudah memahami materi yang akan disampaikan oleh guru.. Tahap penelitian ini dijabarkan secara langsung sebagai berikut: (a) Mengamati proses belajar dan mengajar didalam kelas menggunakan media labe (lantai berhitung) dalam menemukan rumus luas dan keliling persegi dan persegi panjang. (b) Mengamati bagaimana cara siswa dalam menemukan sendiri rumus luas dan keliling persegi dan persegi panjang. (c)Mengamati respon guru terhadap siswa dalam memecahkan latihan soal rumus luas dan keliling persegi dan persegi panjang.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:59
Last Modified: 08 Aug 2017 03:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/649

Actions (login required)

View Item View Item