Kesiapan Sekolah Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Awal (Kajian Budaya Dan Psikodiagnostik)

Affandi, Ghozali Rusyid and Mariyati, Lely ika (2017) Kesiapan Sekolah Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Awal (Kajian Budaya Dan Psikodiagnostik). Kesiapan Sekolah Dasar Pada Siswa Sekolah Dasar Awal (Kajian Budaya Dan Psikodiagnostik). pp. 85-98. ISSN 978-602-510-550-0

[img] Text
KESIAPAN SEKOLAH DASAR PADA SISWA SEKOLAH DASAR AWAL (KAJIAN BUDAYA DAN PSIKODIAGNOSTIK).pdf

Download (461kB)

Abstract

Kesiapan untuk memasuki sekolah dasar bagi siswa dan calon siswa sekolah dasar merupakan hal yang patut untuk diperhitungkan. Di beberapa daerah di jawa timur, aspek kesiapan sekolah dasar sudah dijadikan salah satu patokan untuk diterima atau tidaknya siswa disekolah tersebut.Hal ini sangat penting sebab dari beberapa penelitian yang pernah dilakukan ternyata kesiapan sekolah dasar yang utamanya bermuara pada konsep psikologis dari siswa memiliki keeratan hubungan dengan perkembangan belajar siswa serta kesehatan mentalnya (frustrasi akademik).Secara teoritis, kesiapan belajar tidak terlepas dari peran lingkungan, kematangan secara fisik serta perkembangan otak seoarang siswa.Sehingga bisa jadi kesiapan sekolah dasar pada siswa antar daerah satu dengan daerah lainnya juga memiliki perbedaan dalam kesiapan sekolah dasar. Selain itu, aspek psikologis mengenai kesiapan sekolah dasar pada setiap siswa yang berasal dari daerah yang berbeda kemungkinan juga akan menampilkan perbedaan sesuai dengan stimulus khas yang berkembang didaerahnya masing-masing. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan kesiapan sekolah dasar pada siswa ditinjau dari perbedaan asal daerah serta sapek psikologis apa yang berkembang di masing-masing daerah berdasarkan konsep psikodiagnostik. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan komparatif dengan subjek sebanyak 400 siswa sekolah dasar awal di Probolinggo, Sidoarjo dan Bangkalan-Madura.Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik deskriptif serta One Way ANOVA.Analisis menunjukkan bahwa pada hasil pengukuran kesiapan sekolah dasar dengan menggunakan Bender-Gestalt Test dan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test(NST)sama-sama menunjukkan adanya perbedaan kesiapan sekolah dasar pada siswa ditinjau dari asal daerah dengan nilai F = 5.889, p=0.003 berdasarkan Bender-Gestalt Test dan F = 7.118, p = 0.001 berdasarkan Nijmeegse Schoolbekwaamheids Test(NST). Walaupun antara pengukuran Bender-Gestalt Test dan NST sama-sama menunjukkan perbedaan namun hasil analisis deskriptifdan multiple comparisondengan membandingkan rerata skor siswa asal daerah menunjukkan perbedaan hasil pengukuran diantara keduanya dan penjelasan adanya perbedaan ada di diskusi.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Psychology > School of Psychologycal Science
Depositing User: Lely Umsida
Date Deposited: 15 Aug 2019 05:23
Last Modified: 15 Aug 2019 05:23
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6410

Actions (login required)

View Item View Item