BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BILANGAN BULAT

Ibrahim, Mochammad Mauliddanii (2017) BERPIKIR KRITIS SISWA KELAS IV SEKOLAH DASAR DALAM PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI BILANGAN BULAT. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

This is the latest version of this item.

[img] Text
148620600035 M. Mauliddani Ibrahim.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB) | Request a copy

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa kelas IV sekolah dasar dalam memecahkan permasalahan soal cerita. Teknik pengumpulan data terdiri atas tes berpikir kritis, wawancara, dan observasi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif sehingga subjek peneltiannya yaitu siswa kelas IV SDN Grogol dengan kemampuan kognitif yang berbeda-beda yaitu dari yang tinggi, sedang, hingga rendah. Dari kegiatan penelitian yang dilakukan terhadap subjek dalam menyelesaikan masalah matematika dan kegiatan wawancara diperoleh informasi proses berpikir kritis mereka. Dalam penelitian ini terdapat empat tahap proses berpikir kritis yaitu klarifikasi, assesmen, inferensi, dan strategi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa subjek yang mempunyai kemampuan kognitif lebih tinggi dapat melalui seluruh tahap proses berpikir kritis, yaitu klarifikasi, assesmen, inferensi, dan strategi pada semua soal. Sedangkan dua subjek lainnya yang memiliki kemampuan kognitif sedang dan rendah tidak dapat melalui salah satu atau lebih dari empat tahap proses berpikir kritis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 28 Aug 2017 01:00
Last Modified: 28 Aug 2017 01:00
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/637

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item