Mengembangkan Metode Inkuiri Melalui Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi belajar Peserta Didik di MI Hidayatul Abidin

Anggraini, Reny Hanim (2020) Mengembangkan Metode Inkuiri Melalui Pembelajaran IPS untuk Meningkatkan Motivasi belajar Peserta Didik di MI Hidayatul Abidin. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Tugas Artikel (Reny Hanim A).rtf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Pada zaman sekarang banyak Metode pebelajaran yang digunakkan untuk proses pembelajaran yang ada dikelas. Salah satunya adalah Metode Inkuiri yang dimaksud inkuiri yaitu pembelajaran yang menekankan peserta didik berfikir kritis dan menyenangkan. Metode yang digunakkan harus sesuai dengan materi pelajaran yang akan disampaikan oleh pendidik. Metode inkuiri ditujukan untuk peserta didik untuk meningkatkan motivasi belajar pada mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI. Pada pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial banyak materi yang membutuhkan metode-metode pembelajaran karena digunakan untuk membatu proses pembelajaran secara berlangsung. Sebagai seorang pendidik harus mampu menguasai semua macam-macam metode pembelajaran agar ketika menyapaikan pembelajaran kepada peserta didik dapat mudah memahami materi yang disampaikan oleh pendidik. Sebagai pendidik yang profesional juga harus mampu menciptakan suasana dikelas yang efektif dan efesien. Agar peserta didik tidak mudah bosan ketika pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial berlangsung. Jadi kita sebagai calon pendidik harus mampu mengembangkan metode inkuiri sesuai dengan materi pembeljaran Ilmu Pengetahuan Sosial, karena hal itu yang sangat dibtuhkan oleh peserta didik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pgmi umsida
Date Deposited: 02 Jul 2020 14:32
Last Modified: 02 Jul 2020 14:32
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6346

Actions (login required)

View Item View Item