Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Penerapan Scientifik Approach Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar

Nurahayu, Devi Isroh (2017) Analisis Kemampuan Berfikir Kritis Pada Penerapan Scientifik Approach Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas V Sekolah Dasar. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
148620600043 Devi Isroh Nurahayu.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (122kB) | Preview

Abstract

Dalam suatu proses pembelajaran siswa kelas V pada mata pelajaran matematika di SD Negeri Mojoruntut III kecamatan Krembung Sidoarjo dalam penelitian ini bertujuan untuk menganalisis siswa berfikir secara kritis. Pada suatu proses pembelajaran yang mempunyai beberapa persoalan yang berkembang untuk tercapainya suatu tujuan pembelajaran. Diantaranya yaitu ada salah satu siswa untuk maju kedepan kelas menjawab pertanyaan dari guru untuk menuliskan sifat-sifat bangun ruang dan volume. Dan akan ditemukan beberapa kesalahan dalam proses menjawab pertanyaan dari guru dengan tepat. Namun ada salah satu siswa yang kurang cermat dalam menjawab suatu pertanyaan dari guru tersebut dan salah satunya temannya akan membantu maju kedepan untuk membenarkan jawaban anak itu. Meskipun pada pembelajaran tersebut masi berpusat dengan guru sehinggan terpengaruh pada proses berfikir secara kritis dan hasil belajar siswa pun mendapakan nilai yang tinggi hanya beberapa siswa yang mendapatkan nilai rendah karena siswa tersebut masi kurang memahami. Subjek yang kami ambil dari penelitian ini adalah 4 siswa kelas V UPT SDN Mojoruntut III Kecamatan Krembung dari berjumlah 26 siswa. Objek penelitian ini adalah kemampuan siswa berfikir kritis melalui penerapan Scientific Approach dalam pembelajaran matematika. Jenis penelitian yang kami gunakan adalah penelitian deskriptif dengan mengunakan sebuah metode pendekatan kualitatif untuk menganalisis berfikir secara kritis yang berada di SD. Kita untuk mengetahui apakah siswa tersebut berfikir secara kritis atau tidak itu dilihat dari indicator pencapaian sebanyak enam indikator yang dilihat dalam analisis siswa-siswi saat berfikir secara kritis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:54
Last Modified: 08 Aug 2017 03:54
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/633

Actions (login required)

View Item View Item