ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PENCERMINAN BANGUN DATAR DI SDN KARANG TANJUNG

Khomaria, Nur (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PENCERMINAN BANGUN DATAR DI SDN KARANG TANJUNG. ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA MATERI PENCERMINAN BANGUN DATAR DI SDN KARANG TANJUNG.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
148620600082 Nur Khomaria.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (222kB) | Preview

Abstract

Dari sekian banyak materi matematika yang disampaikan di SD yaitu pencerminan bangun datar. Konsep permulaan yang dilakukan siswa sebagai bekal untuk mempelajari bekal selanjutnya. Jika bekal permulaan yang dilakukan salah maka untuk implementasi berikutnya akan mengalami kesalahan juga. Hal ini dapat menjadi kesalahan sehingga wajib bagi seorang guru untuk mengetahui jenis kesalahan yang sering muncul dan apa penyebab terjadinya kesalahan. Penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif yang dimaksud untuk mengetahui jenis dan faktor penyebab kesalahan yang dilakukan siswa kelas IV. Subjek penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas IV yang dapat mengetahui total kesalahan yang terjadi pada setiap butir soal. Metode pengumpulan data yang dipakai yaitu soal tes tertulis dan wawancara kepada siswa. Dalam hasil analisis yang dilakukan tingkat presentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal pencerminan bangun datar adalah kesalahan konsep 30%, kesalahan ukuran bayangan 17%, jarak bayangan 23%, sumbu simetri 25%, kesalahan pencerminan 10%. Penyebab kesalahan tersebut di akibatkan oleh (1)Kurangnya pemahaman akan konsep awal pencerminan (2)Minimnya pemahaman cara menggambar bayangan (3)Kurang teliti dalam jarak bayangan (4)Kurang teliti dalam menggabungkan sumbu simetri.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 08 Aug 2017 03:57
Last Modified: 08 Aug 2017 03:57
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/631

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item