Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghitung Berat Benda Menggunakan Tangga Konversi Satuan Berat

Aini, Nur (2017) Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghitung Berat Benda Menggunakan Tangga Konversi Satuan Berat. Analisis Kesalahan Siswa Sekolah Dasar Dalam Menghitung Berat Benda Menggunakan Tangga Konversi Satuan Berat.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
148620600002 Nur Aini.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (390kB) | Preview

Abstract

Pengukuran berat sangat diperlukan dalam kehidupan sehari – hari. Tentunya dalam pengukuran diperlukan patokan agar tidak melenceng antara satu dengan yang lainnya. Maka diperlukannya sistem baku yang telah ditetapkan oleh SI (Systeme International d’Unites). Untuk memudahkan siswa dalam memahami dan mengaplikasikannya, salah satunya dengan menggunakan tangga konversi satuan berat. Namun, kenyataannya dalam materi pengukuran berat siswa mengalami kesulitan. Masih ada siswa yang memperoleh nilai dibawah KKM. Tujuan penelitiadalah untuk menganalisis kesulitan dan mengetahui faktor – factor dalam kesalahan menghitung berat. Peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian yang dipakai adalah deskriptif. Subyek penelitia ini berjumlah 5 siswa kelas IV Imam Hanafi SD Muhammadiyah 3 Ikrom Wage tahun ajaran 2017/2016. Berdasarkan analisis data yang diperoleh bahwa (1) Siswa salah dalam menggunakan konsep naik dan turun pada tangga satuan berat. (2) Siswa melakukan kesalahan pada tahap menghafal satuan berat yang ada pada anak tangga satuan berat dengan benar (3) Pada tahap memahami soal (mengkonverskan satuan). (4) Pada Tahap keterampilan proses siswa yakni operasi hitung. Adapun faktornya adalah siswa yang tidak memperhatikan pembelajaran, pembelajaran terkesan pasif karena tidak adanya media pembelajaran yang menarik untuk siswa, tidak hafal satuan berat, kurang teliti dalam membaca soal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:38
Last Modified: 24 Aug 2017 01:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/622

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item