Taurusta, Cindy, Surat Keterangan Tidak Plagiasi Game Pemrograman Berbasis Objek

Taurusta, Cindy and Findawati, Yulian (2018) Taurusta, Cindy, Surat Keterangan Tidak Plagiasi Game Pemrograman Berbasis Objek. [Image]

[img] Text
SK Tidak Plagiasi GamePBO.pdf

Download (174kB)

Abstract

Kemajuan teknologi yang semakin pesat seiring dengan meningkatnya kebutuhan akan lulusan Teknik Informatika di Perguruan Tinggi. Banyak perusahaan dan dunia bisnis saat ini membutuhkan lulusan yang mampu bersaing dalam hal pemrograman. Dan pemrograman yang paling dominan yang harus dapat dikuasi oleh lulusan Teknik Informatika yaitu Pemrograman Berbasis Obyek (PBO) atau biasa dikenal dengan Pemrograman Java. Dimana pemrograman ini adalah pemrograman yang dapat menghasilkan berbagai macam aplikasi, baik aplikasi di Personal Computer (PC) maupun di mobile. Namun berdasarkan analisa yang dilakukan oleh peneltiti saat mengajar mata kuliah pemrograman berbasis obyek (PBO) di Teknik Informatika Fakultas Teknik Universitas Muhammadiyah Sidoarjo, ditemukan hasil bahwa masih banyak mahasiswa yang masih kesulitan mempelajari mata kuliah ini, bila hanya diajarkan melalui teori tanpa adanya praktek langsung. Sehingga agar mahasiswa tertarik untuk mempelajari mata kuliah ini lebih lanjut dan pembelajarannya tidak hanya melalui teori, pembelajaran yang menyenangkan akan peneliti lakukan dengan membuat Rancang Bangun Game Simulasi Pemrograman Berbasis Obyek (PBO) Sebagai Media Pembelajaran Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Game ini akan berisi beberapa level pembelajaran yang dikemas dengan animasi. Dimana pemainnya yaitu mahasiswa tidak hanya mendapatkan pembelajaran tentang apa saja komponen yang dibutuhkan dalam memprogram Java, namun juga langkah – langkah memprogram Java dengan mudah yang disuguhkan dengan animasi yang menarik. Tidak hanya rasa penasaran dan keseruan dalam bermain tetapi memahami dan membuat program menjadi lebih mudah. Tujuan dibuatnya Game simulasi pembelajaran ini agar dapat membantu Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo dalam memahami, menyukai, dan mampu membuat program berbasis obyek atau Java sehingga meningkatkan mutu dan daya saing Mahasiswa Teknik Informatika Universitas Muhammadiyah Sidoarjo di dunia kerja. Dan kedepannya, peneliti akan melakukan survey untuk membuktikan efek dan hasil yang didapatkan setelah melakukan pembelajaran melalui game simulasi. Kata Kunci : Game Simulasi, Animasi, Mahasiswa IT, Pemrograman Berbasis Obyek, Java

Item Type: Image
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Information and Computer Technology Education
Depositing User: Mrs Cindy Taurusta
Date Deposited: 11 May 2019 02:17
Last Modified: 11 May 2019 02:17
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6218

Actions (login required)

View Item View Item