MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING

Hanif, Faridah (2017) MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING. MENUMBUHKAN MINAT BELAJAR SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PROBLEM SOLVING.

WarningThere is a more recent version of this item available.
[img]
Preview
Text
148620600295 Farida Hanif.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (119kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui minat belajar dan pemecahan masalah belajar siswa kelas IV SDN Kedungbanteng pada materi pencerminan bangun datar. Subjek dalam penelitian adalah 17 siswa kelas IV dan guru kelas. Pemecahan masalah dalam pembelajaran matematika tentang materi pencerminan bangun datar dan upaya untuk meningkatkan keaktifan serta minat belajar merupakan objek dari penelitian. Teknik yang digunakan dalam pengumpulan data berupa observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perencanaan pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan problem solving pada materi pencerminan bangun datar mata pelajaran matematika mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase kemampuan guru untuk membuat Siswa yang berminat mengajukan pertanyaan sebanyak 5 siswa dari 17 siswa (29%) hal ini menunjukkan bahwa minat belajar siswa cukup tinggi. Siswa yang mampu menerapkan konsep dengan cara berbeda terhadap suatu masalah sebanyak 2 siswa dari 17 siswa (12%). Siswa yang menyelesaikan masalah dengan cara yang berbeda sebanyak 4 siswa dari 17 siswa (23%). Dengan menggunakan media pembelajaran siswa lebih tertarik untuk belajar, siswa merasa lebih senang untuk melakukan pembelajaran.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:38
Last Modified: 24 Aug 2017 01:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/621

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item