PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA-INOVATIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR MAHASISWA

Wulandari, Fitria Eka PENGGUNAAN PERANGKAT PEMBELAJARAN IPA-INOVATIF UNTUK MELATIHKAN KETERAMPILAN BERFIKIR MAHASISWA. Universitas Negeri Malang.

[img] Text
PDF Lengkap.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembelajaran IPA diarahkan Untuk mencari tahu dan berbuat sehingga Membuat mahasiswa lebih aktif dalam mengembangkan sejumlah pengetahuan yang menyangkut keterampilan berfikir, pemahaman konsep, dan aplikasinya. Peran dosen yang utama adalah membantu mahasiswa menjadi pembelajar yang mandiri dengan cara menyajikan masalah yang kontekstual, yang kemudian membantu mahasiswa untuk mengajukan permasalahan yang memfasilitasi penyelidikan untuk mengetahui pengaruh penggunaan perangkat pembelajaran IPA-Inovatif terhadap keterampilan berfikir mahasiswa.penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan menggunakan rancangan one-group Pretest-Postttest Design. Data instrument yang digunakan berupa hasil tes belajar. Tekhnik pengupulan data dengan menggunakan hasil Pre-tes dan Post-test. Analisis Statistik yang digunakan dengan menggunakan Uji-t dengan hasil thitung sebesar 13,24 dan ttabel df (N-1) pada signifikan 0,05 sebesar 2,093, thitung ¬ > ttabel 13,24 > 2,039 Sehingga Ho ditolk dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh penggunaan pembelajaran IPA-Inovatif terhadap keterampilan berfikir mahasiswa.

Item Type: Book
Uncontrolled Keywords: Keterampilan IPA, Inovativ, Keterampilan Berfikir
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Science Teaching Education
Depositing User: S.Si, M.Pd fitria eka wulandari
Date Deposited: 27 Mar 2019 03:49
Last Modified: 27 Mar 2019 03:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6078

Actions (login required)

View Item View Item