Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Kelas IV SD

Istiqomah, Indri and Zakiyah, Nelly (2017) Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Kelas IV SD. Analisis Kesalahan Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Pada Materi Pecahan Kelas IV SD.

[img]
Preview
Text
PENELITIAN MATEMATIKA.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (339kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa di kelas IVdalam menyelesaikan soal cerita pada materi pecahan dengan menerapkan prosedur Newman. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Jumlah subjek dari penelitian ini adalah 1 orang siswa kelas IV SD. Instrumen penelitian terdiri dari lembar tes dan pedoman wawancara.Analisis dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman.Adapun hasil penelitianyang telah dilakukan adalah subjek penelitian melakukan kesalahan dalam berbagai tipe kesalahan. Kesalahan yang dimaksud antara lain kesalahan dalam membaca simbol dan memahami makna dari suatu simbol yang ada pada soal, kesalahan dalam memahami masalah dimana peserta didik tidak dapat menuliskan hal yang diketahui, kesalahan mentransformasikan masalah untuk menyelesaikan soal, kesalahan dalam melakukan proses perhitungan, dan kesalahan dalam penulisan jawaban.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:21
Last Modified: 24 Aug 2017 01:21
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/606

Actions (login required)

View Item View Item