Puspa Pertiwi, Aisyah (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS IV SD DALAM MENYELESAIKAN SOAL BILANGAN PECAHAN SENILAI DAN MENYEDERHANAKAN BILANGAN PECAHAN. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
Aisyah Puspa Pertiwi. 138620600229. B2. 8. ARTIKEL UAS. ( fiks ).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (424kB) | Preview |
Abstract
Matematika adalah ilmu penting dalam pengembangan diri manusia. Di sekolah dasar (SD) matematika telah diajarkan. Salah satu materi pembelajaran matematika adalah pecahan, namun yang sering menjadi kesulitan siswa adalah operasi hitung pada bilangan pecahan. Operasi hitung pada bilangan pecahan meliputi penjumlahan, pengurangan, perkalian dan pembagian. Salah satu sub materi yang masih dirasa sulit oleh siswa adalah materi pecahan senilai dan menyederhanakan bilangan pecahan. Dengan itu peneliti merumuskan masalah pada analisis kesalahan siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal pecahan sederhana dan menyedehanakan bilangan pecahan untuk mengetahui dimana letak kesalahan pemahan siswa dalam menyelesaikan soal. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif yang berfungsi untuk mendeskripsikan data untuk menjawab rumusan masalah dalam penelitian ini. Objek dari penelitian ini adalah siswa kelas IV SD dengan lingkup penelitian adalah materi bilangan pecahan senilai dan menyederhanakan bilangan pecahan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui letak kesalahan yang sering terjadi pada siswa kelas IV SD dalam menyelesaikan soal bilangan pecahan senilai dan menyederhanakan bilangan pecahan. Dalam pengambilan data yang telah didapat, peneliti memperoleh hasil bahwa 82% siswa kelas IV SD dapat menyelesaikan soal bilangan pecahan senilai dan menyederhanakan bilangan pecahan dengan baik. Pada analisis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal terdapat pada kurang teliti siswa terhadap operasi hitung pada pembilang dan penyebut. Dari 5 siswa kelas IV SD terdapat 1 siswa SD yang menyelesaikan soal dengan tidak memperhatikan operasi hitung pada bilangan pecahan, siswa lebih memilih untuk mengarang jawaban daripada bertanya kembali pada guru. Kata kunci : analisis kesalahan, jenis kesalahan, bilangan pecahan senilai, menyederhanakan bilangan pecahan
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 09 Aug 2017 15:40 |
Last Modified: | 09 Aug 2017 15:40 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/605 |
Actions (login required)
View Item |