ANALISIS KESALAHAN PROSES PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DUA BILANGAN KELAS II SD

CINDY.G, CINES and CHOTIMAH, CHUSNUL (2017) ANALISIS KESALAHAN PROSES PENGGUNAAN METODE JARIMATIKA PADA MATERI PERKALIAN DUA BILANGAN KELAS II SD. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Artikel (Tugas matkul bilangan) ( fiks ).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (347kB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menjelaskan gambaran tentang kesulitan yang dihadapi siswa dalam menyelesaikan soal perkalian dengan menggunakan metode jarimatika pada siswa kelas II. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Kedondong 2 Tulangan yang berjumlah 35 siswa dengan sampel seorang siswa. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif yang menjelaskan gambaran tentang kesulitan yang dihadapi siswa dalam penggunaan metode jaritmatika pada materi perkalian siswa kelas II. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas II SDN Kedondong 2 Tulangan yang berjumlah 35 siswa. Instrumen yang digunakan berupa tes yang mengharuskan penggunaan metode jarimatika dalam penyelesaiannya.Namun dari penelitian menunjukkan bahwa masih terdapat beberapa siswa yang mengalami kesulitan. Beberapa faktor yang mempengaruhi hal tersebut antara lain: (1) kondisi kelas yang tidak kondusif, (2) kesalahan persepsi visual siswa, (3) belum memahami jarimatika (4) terpaku pada konsep hafalan. Diketahui dari hasil wawancara bahwa dalam mengajarkan materi perkalian, guru hanya memberikan tabel perkalian yang harus dihafalkan siswa. Hal tersebut tentu mempengaruhi penerapan metode jarimatika. Sehingga dapat dikatakan bahwa kesulitan yang dihadapi siswa adalah proses penggunaan metode jarimatika. Kata-kata kunci: soal jarimatika, faktor penyebab, karakteristik kesulitan, perkalian dua bilangan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:03
Last Modified: 24 Aug 2017 01:03
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/601

Actions (login required)

View Item View Item