Studi Kasus Psikologi Belajar “Gaya Belajar Anak Introvert Dengan Iq Tinggi”

Siti Miftachul Ummah, Siti Miftachul Ummah Studi Kasus Psikologi Belajar “Gaya Belajar Anak Introvert Dengan Iq Tinggi”. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
STUDI KASUS PSIKOLOGI BELAJAR.docx

Download (32kB)

Abstract

Dalam pandangan psikologi, belajar merupakan suatu proses dasar dari perkembangan hidup manusia. Dengan belajar setiap manusia dapat melakukan perubahan kualitatif sehingga tingkah laku manusia dapat berkembang. Segala aktivitas dan prestasi hidup manusia yang di dapat merupakan hasil dari belajar. Sedangkan pengertian belajar dalam pandangan agama islam yaitu, belajar merupakan kewajiban bagi semua umat muslim dan muslimah dalam memperoleh ilmu pengetahuan sehingga derajat hidup bisa berubah menjadi lebih baik dan meningkat. Hal ini dipertegas dalam firman allah surat al-mujadalah ayat 11, surat al-‘alaq ayat 1-5, dan surat al-mudatstsir ayat 74. Ada empat istilah yang mendasar untuk memahami proses belajar yaitu: 1) Response potentiality yang artinya kemampuan bereaksi 2) Relatively permanent yang artinya menatap 3) Practice yang artinya latihan 4) Reinforcel yang artinya diperkuat Aktivitas belajar setiap orang tidak ada yang sama. Perbedaan ini yang menyebabkan tingkah laku belajar setiap orang berbeda. Ada dua faktor yang mempengaruhi aktivitas belajar yaitu faktor internal dan faktor eksternal. Faktor internal mencakup semua keadaan yang ada dalam diri seseorang, sedangkan faktor eksternal mencakup semua keadaan yang ada di luar diri seseorang. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan: 1) faktor yang melatar belakangi kecerdasan anak. 2) penyebab anak jadi introvert. 3) cara belajar anak introvert yang memiliki kecerdasan tinggi. 4) cara mengatasi anak introvert Dalam pengumpulan data penelitian ini, peneliti menggunakan metode observasi dan cerita dari orang tua anak yang bersangkutan. Peneliti mengambil lokasi di desa Buncitan, Sedati, Sidoarjo. Subyek dalam penelitian ini adalah anak berinisial MA yang sekolah di SDN Cemandi, Sedati, Sidoarjo. Teknik yang digunakan peneliti dalam pengumpulan data ini adalah dengan analisis dan menarik kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor yang melatar belakangi kecerdasan anak adalah faktor keturunan dari ayah atau ibunya yang memiliki kecerdasan tinggi. (2) penyebab anak jadi introvert adalah karena anak tersebut kurang bergaul dan berinteraksi dengan tetangga sekitar rumahnya, dan karena orang tua kurang memperbolehkan anak bermain dengan tetangga sekitar. (3) cara belajar anak introvert yang memiliki kecerdasan tinggi adalah jika belajar dengan guru private nya di rumah dia tidak bisa diam dan belajarnya berbeda dengan anak lainnya. Jika guru private nya sedang menjelaskan, dia belajar sambil tiduran, bermain, berlari. (4) cara mengatasi anak introvert yaitu memberikan nasihat secara perlahan, memberikan pemahaman tentang dampak jika dia tidak mau berinteraksi dengan orang lain terutama dengan guru dan temannya di sekolah, dan membiasakan anak berinteraksi dengan lingkungan sekitar meskipun dalam hal kecil.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 23 Mar 2019 00:31
Last Modified: 23 Mar 2019 00:31
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/6009

Actions (login required)

View Item View Item