ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V SDN POPOH DALAM MENYELESAIAKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATERI PERBANDINGAN

Sufianah, Novia Ilfi and Umala, Ailul and Listiyanik, Devi (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA KELAS V SDN POPOH DALAM MENYELESAIAKAN SOAL PEMECAHAN MASALAH MATERI PERBANDINGAN. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
novia ilfi, devi listiyanik, ailul umala pgsd umsida.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution Non-commercial.

Download (178kB)

Abstract

Bidang studi matematika merupakan bidang studi yang berguna dan membantu dalam menyelesaikan berbagai masalah dalam kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan hitung menghitung atau yang berkaitan dengan angka-angka berbagai macam masalah, yang memerlukan suatu keterampilan dan kemampuan untuk memecahkannya. Tetapi siswa mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal pemecahan masalah pada materi perbandingan. Tujuan dari penelitian ini adalah membahas mengenai jenis-jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal-soal pemecahan masalah pada materi perbandingan. Dari kesulitan-kesulitan itulah akhirnya muncul kesalahan-kesalahan yang dialami siswa dalam menyelesiakan soal kemampuan pemecahan masalah siswa kelas V di SDN Popoh. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V di SDN Popoh Kecamatan Wonoayu yang terdiri dari 16 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes yang terdiri dari 5 soal uraian mengenai kemampuan pemecahan masalah materi perbandingan. Setelah data yang diperoleh selanjutnya akan akan dikelolah dan dianalisis. Kesalahan-kesalahan terhadap kemampuan pemecahan masalah meliputi kesalahan siswa dalam memahami masalah, kesalahan dalam merencanakan masalah, kesalahan dalam melaksanakan penyelesaian dan kesalahan dalam mengecek jawaban. Kesalahan yang terjadi dalam memahami masalah yaitu tidak memahami masalah dan interpretasi masalah tidak tepat. Dalam merencanakan masalah terjadi kesalahan dalam menggunakan stategi yang salah. Dalam melaksanakan penyelesaian banyak terjadi pada kesalahan dalam menghitung. Dan Pada proses mengecek kembali jawaban terjadi kesalahan karena tidak diadakan pengecekan jawaban kembali serta pengecekan hanya dilakukan pada perhitungan saja. Kata Kunci : Analisis Kesalahan, Pemecahan Masalah

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 24 Aug 2017 01:02
Last Modified: 24 Aug 2017 01:02
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/599

Actions (login required)

View Item View Item