ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BILANGAN BULAT

Fajriah, Istianatul and Abidah, Nafisah Azzahiroh (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA SEKOLAH DASAR KELAS V DALAM MENYELESAIKAN SOAL OPERASI BILANGAN BULAT. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
istianatul fajriah dan nafisah azzahiroh-b2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (303kB)

Abstract

Dalam pelajaran matematika di sekolah dasar kelas V terdapat materi bilangan bulat, materi bilangan bulat sudah diajarkan sejak kelas IV. Akan tetapi dikelas V diajarkan tentang operasi bilangan bulat. Dan sebagai guru harus mampu menguasai materi matematika disekolah dasar. Supaya siswa mampu menerima materi yang diajarkan oleh guru secara benar. Biasanya dalam suatu proses pembelajaran pasti mengalami kendala-kendala yang dapat menghambat proses belajar mengajar. misalnya sisiwa ramai sendiri dan kurang memahami materi yang diajarkan oleh gurunya dan lain sebagainya. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut adalah dengan melakukan analisis miskonsepsi pada materi yang memiliki tingkat kesalahan paling tinggi. Tujuan penelitian ini adalah menganalisis kesalahan siswa beserta faktor-faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal operasi bilangan bulat. Subjek penelitian adalah siswa kelas V yang terdiri dari 3 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes pilihan ganda terdiri dari 10 soal operasi bilangan bulat beserta sifat-sifatnya. Menurut data yang diperoleh miskonsepsi yang terjadi pada siswa meliputi kesalahan pemahaman konsep dan cara pengoperasian bilangan bulat. Adapun faktor-faktor penyebab kesalahan adalah siswa kurang memahami materi operasi bilangan bulat, mahasiswa tidak teliti dalam memahami dan menyelesaikan soal. Kata Kunci : analisis miskonsepsi, jenis kesalahan, operasi bilangan bulat

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 24 Aug 2017 00:59
Last Modified: 24 Aug 2017 00:59
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/596

Actions (login required)

View Item View Item