Khismawati, Hakiki May and Hidayati, Silvia and Jayanti, Devi Dwi (2017) ANALISIS KESULITAN SISWA DALAM MEMAHAMI MATERI PECAHAN CAMPURAN KELAS V SEKOLAH DASAR. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
Hakiki May.K, Devi D.J, Silvia.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (613kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa dalam memahami materi pecahan campuran yang dialami oleh siswa kelas V pada pokok bahasan bilangan pecahan campuran. Penelitian ini dilakukan di SDN Panggreh 2 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Sampel pada penelitian ini adalah dua siswa kelas V SDN Panggreh 2 Kecamatan Jabon Kabupaten Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan teknik pengambilan data menggunakan teknik tes dan wawancara. Teknik tes dalam penelitian ini lembar tes yang berisi berisi soal uraian atau essay dan membahas tentang materi pecahan. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik interaktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal penjumlahan pecahan disebabkan oleh (1) Menjumlah pembilang dengan pembilang dan penyebut dengan penyebut, (2) Salah dalam mengubah bilangan pecahan campuran menjadi pecahan biasa dan salah mengubah bilangan pecahan biasa menjadi pecahan campuran, (3) Penyebut sudah disamakan tetapi pembilang belum disesuaikan, (4) Salah dalam menentukan KPK (Kelipatan Persekutuan Terkecil) untuk menyamakan penyebutnya, dan (5) salah dalam menyederhanakan bilangan pecahan pada hasil akhir.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 24 Aug 2017 00:37 |
Last Modified: | 24 Aug 2017 00:37 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/591 |
Actions (login required)
View Item |