ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA SUB MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP

Asrof, Nailul and Mufidah, Uciek Nurul (2017) ANALISIS MISKONSEPSI SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL PADA SUB MATERI PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BILANGAN BULAT DITINJAU DARI KEMAMPUAN PEMAHAMAN KONSEP. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
NAILUL DAN UCIEK.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (114kB) | Preview

Abstract

Dalam menyelesaikan soal matematika tidak hanya berpatokan pada benar atau salahnya jawaban akhir, melainkan cara penyelesaian soal tersebut. Jika hanya dilihat dari benar atau salahnya jawaban tanpa memahami betul cara penyelesaiannya maka belum bisa dipastikan siswa tersebut telah melakukan pembelajaran matematika. Pembelajaran matematika memang identik dengan berhitung akan tetapi yang lebih utama yaitu pemahaman konsep. Jika siswa tidak memahami konsep dalam pembelajaran matematika maka siswa tersebut akan mengalami kesulitan dalam menyelesaikan soal matematika. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi kesulitan siswa tersebut adalah dengan melakukan analisis miskonsepsi pada sub materi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Tujuan penelitian ini adalah mengungkap secara mendalam jenis-jenis miskonsepsisiswa ditinjau dari kurangnya pemahaman konsep beserta faktor-faktor penyebabnya dalam menyelesaikan soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat. Subjek penelitian adalah siswa SDN Sumput Sidoarjo tahun ajaran 2016-2017 kelas 4 yang terdiri dari 6 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes uraian terdiri dari 10 soal penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat.Menurut data yang diperoleh miskonsepsi yang dilakukan siswa ditinjau dari kurangnya pemahaman konsep meliputi salah dalam mengoperasikan tanda operasi jika bertemu dengan tanda bilangan, salah dalam mengubah soal cerita kedalam kalimat matematika, dan salah tanda positif atau negatif bilangan pada hasil akhir operasi hitung yang dilakukan. Faktor-faktor penyebab miskonsepsi yang lain adalah siswa tidak teliti dalam memahami dan menyelesaikan soal.

Item Type: Article
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 23 Aug 2017 02:02
Last Modified: 23 Aug 2017 02:02
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/576

Actions (login required)

View Item View Item