PENGARUH VARIASI SUDUT PULLEY PRIMER DAN ROLLER 11 GRAM TERHADAP HORSE POWER DAN TORSI PADA MOTOR SCOOPY INJEKSI 110 cc Tahun 2015

budi, meries (2018) PENGARUH VARIASI SUDUT PULLEY PRIMER DAN ROLLER 11 GRAM TERHADAP HORSE POWER DAN TORSI PADA MOTOR SCOOPY INJEKSI 110 cc Tahun 2015. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SRIPSI LENGKAP - 131020200077.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

PENGARUH VARIASI SUDUT PULLEY PRIMER DAN ROLLER 11 GRAM PADA MOTOR SCOOPY INJEKSI 110 cc Nama : Meries anggara setyo budi NIM : 131020200077 Pembimbing : Edi widodo, ST. MT Abstrak Transmisiootomatis atau yang di kenal dengan sebutan (CVT) adalah transmisi yang membuat kita dapat merasakanokenyamanan karena kita hanya perlu menarik gas tampa memindahkanotransmisi karena transmisi berpinda secara otomatis. Motor otomatis tidak hanya memudahkan dalam berkendara tetapi juga memudahkan dalam perawatan transmisi tersebut. Akan tetapi di kalangan pecinta motor balap, motor jenis transmisi otomatis ini di nilai kurang memiliki daya (power). Sehingga perlu di lakukan modifikasi pada komponen CVT untuk meningkatkan peforma dari mesin tersebut. Untuk meningkatkan peforma ini kita menganalisa pulley dan roller standart pabrikan dan pulley primer dengan 3 macam variasi pulley yaitu standart sudut 14o,13o,12o dan roller variasi 11 gram untuk mengetahui perbandingan peforma (horse power dan torsi). Untuk mengetahui perbandingan dari pengujian tersebut maka kita melakukan pengujian dengan menggunakan alat uji Dyno test. Dari hasil pengujian tersebut pulley 13o dan roller 11 gram menggalami peningkatan secara siknifikan di bandingkan pulley standart pabrikan 14o dan roller 13 gram. Hal ini dapat di lihat dari hasil perbandingan peningkatan horse power dan torsi ketika menggunakan pulley 13o dan roller 11gram di dapat pada horse power (Hp) tertinggi pada pada putaran 3246 Rpm yaitu 9,0 Hp dan Torsi (N*m) tertinggi pada putaran mesin 2087 Rpm yaitu 22,16 N*m. Sedangkan pulley standart pabrikn 14o dan roller standart 13gram dapat dilihat hasil horse power (Hp) tertinggi pada putaran 3923 Rpm yaitu 7,8 Hp dan Torsi (N*m) tertinggi pada putaran mesin 2972 Rpm yaitu 16,99 N*m. maka dari hasil analisa pengujian ini mengalami kenaikan horse power 1,2 Hp dan torsi 5,17 N*m. Kata kunci : pulley standart, variasi pulley modifikasi, roller variasi, Alat uji dyno test

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: skripsi
Uncontrolled Keywords: pulley standart; variasi pulley modifikasi; roller variasi; Alat uji dyno test;
Subjects: T Technology > TJ Mechanical engineering and machinery
Divisions: Faculty of Engineering > School of Mechanical Engineering
Depositing User: teknikmesin umsida
Date Deposited: 07 Sep 2022 08:25
Last Modified: 07 Sep 2022 08:25
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5727

Actions (login required)

View Item View Item