Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Kelas III SD Muhammadiyah Wringinanom

Islamiyah, Safirah (2017) Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Campuran Kelas III SD Muhammadiyah Wringinanom. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Safirah Islamiyah.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (175kB) | Preview

Abstract

Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika tentang materi operasi hitung campuran sering terjadi akibat siswa belum memahami pemahaman konsep materi operasi hitung campuran dan juga proses berfikir siswa kurang dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan desimal ini. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisis faktor penyebab kesalahan siswa kelas III dalam menyelesaikan soal operasi hitung campuran bilangan desimal. Subjek penelitian ini yaitu 15 siswa kelas III. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti ini yaitu soal tes tertulis dan wawancara.Dari hasil analisis data yang didapat peneliti, disimpulkan bahwa jenis-jenis kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan pada konsep pengoperasian dan cara berfikir siswa yang sangatlah kurang pada pemantapan materi yang diberikan oleh guru. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan operasi pembagian berbagai pecahan adalah (1) siswa tidak memahami konsep dengan baik, (2) adanya kebingungan siswa dalam pengurutan pengerjaan, (3) tidak adanya keterampilan berhitung yang baik.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 25 Sep 2017 02:47
Last Modified: 25 Sep 2017 02:47
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/569

Actions (login required)

View Item View Item