Nuril Fajri, Rizqi (2018) PENGGUNAAN STRATEGI MENULIS TERBIMBING TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI PADA SISWA KELAS IV DI SDN KEDENSARI II TANGGULANGIN. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap 148620600135.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (9MB) |
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan menulis karanagn narasi siswa sebelum dan sesudah diterapkan strategi menulis terbimbing pada siswa kelas IV di SDN Kedensari II Tanggulangin dan untuk mengetahui pengaruh penggunaan strategi menulis terbimbing terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV di SDN Kedensari II Tanggulangin. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen dan menggunakan bentuk pre-eksperimental jenis one group pretest-posttest. Populasi yang dijadikan objek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN Kedensari II Tanggulangin yang berjumlah 25 siswa. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kemampuan menulis karangan narasi sebelum diterapkan strategi menulis terbimbing cenderung terdapat pada kategori rendah dengan jumlah 17 siswa atau sebesar 68%. Sedangkan kemampuan menulis karangan narasi sesudah diterapkan strategi menulis terbimbing cenderung terdapat pada kategori sedang dengan jumlah 13 siswa atau sebesar 52%. Pengaruh penggunaan strategi menulis terbimbing terhadap kemampuan menulis pada siswa sebesar 0,36 dengan kriteria sedang. Kesimpulan hasil penelitian ini adalah penggunaan strategi menulis terbimbing memiliki pengaruh yang sedang terhadap kemampuan menulis karangan narasi pada siswa kelas IV di SDN Kedensari II Tanggulangin. Kata kunci: Strategi Menulis Terbimbing, Kemampuan Menulis Karangan Narasi
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Tesis |
Uncontrolled Keywords: | strategi; menulis; terbimbing; kemampuan; menulis; karangan; narasi |
Subjects: | A General Works > AC Collections. Series. Collected works A General Works > AI Indexes (General) A General Works > AM Museums (General). Collectors and collecting (General) A General Works > AS Academies and learned societies (General) A General Works > AZ History of Scholarship The Humanities |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | pgsd umsida |
Date Deposited: | 13 Sep 2018 06:25 |
Last Modified: | 13 Sep 2018 06:25 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5631 |
Actions (login required)
View Item |