Pendekatan Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas V MI Islamiyah Guppi Telogorejo

Miftahurrosyidah, Dhita (2017) Pendekatan Numbered Heads Together untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Bangun Ruang Kelas V MI Islamiyah Guppi Telogorejo. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Revisi Artikel matematika dhita miftahurrosyidah (168620600271).pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (194kB) | Preview

Abstract

Pada umunya tujuan pendidikan terdapat 3 aspek ,diantaranya aspek psikomotor, aspek kognitif dan aspek afektif . Aspek kognitif adalah mengembangkan kemampuan berpikir. Afektif adalah mengembangkan sikap, dan aspek psikomotor menciptakan manusia terampil. Ke tiga aspek ini dikatan berhasil apabila suatu proses pembelajaran baik. Proses pembelajaran peserta didik diharapkan akan menangkap informasi, mengolah informasi, dan memecahkan informasi. Pembelajaran matematika juga harus mencakup 3 aspek tersebut. Seperti diketahui salah satu tujuan pembelajaran matematika adalah menumbuhkan kemampuan berpikir kritis. Dimana peserta didik mampu bertanya, berargument, mengerjakan soal di papan tulis, dan cermat mengerjakan soal dari awal sampai akhir tanpa terpengaruh dengan hasil akhirnya. teknik penelitian digunakan yaitu interaktif diskriptif. Data yang diperoleh diolah dan dilakukan serta dikembangkan dalam proses belajar mengajar. Pada pembelajaran matematika kelas V di MI Islamiyah Guppi Telogorejo ini Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan tipe numbered heads together dapat meningkatkan kemampuan berpikir kritis materi matematika. Peningkatan kemampuan berpikir kritis materi matematika siswa ditunjukkan dengan penilaian kognitif yang diperoleh siswa pada setiap akhir siklus

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 23 Aug 2017 01:52
Last Modified: 23 Aug 2017 01:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/563

Actions (login required)

View Item View Item