PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN KOLURSARI II BANGIL

Hidayati, Alfianuril (2018) PENGARUH METODE PEMBELAJARAN DISKUSI KELOMPOK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V DI SDN KOLURSARI II BANGIL. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI FULL ( MS. WORD ) ALFIANURIL HIDAYATI 148620600151.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (6MB)

Abstract

Penelitianinibertujuanuntukmemperbaikihasilbelajarsiswapadamatapelajaranmatematika di SDN Kolursari II Bangildenganmenggunakanmetodediskusikelompok.Melaluiobservasi yang sudahdilakukan di SDN Kolursari II Bangilbahwahasil data tersebutmenunjukkanbahwakelas V mempunyainilai rata-rata kelas paling rendahpadapelajaranmatematikadanjumlahsiswa yang tidaktuntasberdasarkan KKM. Hasilbelajarsiswadiperolehnilai rata-rata darikompetensidasaratau KD kelas V di SDN Kolursari II Bangil.Penelitianinimenggunakanpenelitiankuantitatifdengandisebutkelaseksperimen.Desain yang digunakantrue experimental designdenganbentukdesainPretest-Posttest ControllGroud Design.Dalampenelitianinimenggunakansampelsatukelas yang berjumlah 29 siswa. Dari hasilpenelitiandiperolehbahwanilai rata-rata Pretest 42,1dannilai rata-rata Posttest 78,3. Makaadanyapengaruhantaranilai Pretest sebelumdiberikanperlakuandannilai Posttest sesudahdiberikanperlakuan.SedangkanhasilujibesarnyapengaruhdenganmenggunakanrumusN-gaindiperolehhasil 0,63. Artinyaadapengaruhdengankriteriasedangsebesar 0,63antarametodediskusikelompokterhadaphasilbelajarsiswakelas V di SDN Kolursari II Bangil.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Metode Diskusi Kelompok; Hasil Belajar Siswa.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 13 Sep 2018 04:00
Last Modified: 13 Sep 2018 04:00
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5629

Actions (login required)

View Item View Item