Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SDN KaliPecabean

ningtyas, Eka Fitrisurya (2018) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match Terhadap Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas III SDN KaliPecabean. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi Lengkap-148620600143.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (20MB)

Abstract

Penelitian ini berdasarkan adanya permasalahan yang terjadi di SDN KaliPecabean. Melalui observasi yang sudah dilakukan di SDN KaliPecabean bahwa dalam proses belajar mengajar mengalami kesulitan dalam memahami pembelajaran. Hal ini disebabkan peserta didik mengalami kebosanan serta siswa masih pasif dalam proses belajar mengajar. Berkaitan dengan masalah tersebut, maka peneliti melakukan penelitian dengan tujuan untuk memperbaiki motivasi belajar siswa pada mata pelajaran IPS dengan menggunakan model pembelajaran Make a Match. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah 29 siswa, teknik sampling yang digunakan ialah sampling jenuh. Sumber data didapat dari angket keaktifan siswa pada materi jenis-jenis pekerjaan. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar angket yaitu pretest dan posttest. Teknik analisis data mengguanakan uji normalitas, uji hipotesis, dan uji eta square. Hasil dari perhitungan uji t, diperoleh nilai thitung 11,29 sedangkan ttabel dengan taraf signifikan 5%= 2,048 dengan demikian thitung > ttabel yaitu 11,29 > 2,048. Sedangkan hasil dari uji eta square diperoleh hasil 0,81. Dengan demikian 0,81> 0,14. Artinya ada pengaruh besar antara model Make a Match terhadap keaktifan siswa kelas III mata pelajaran IPS di SD Negri KaliPecabean Candi Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Model Make a Match; IPS; Keaktifan siswa.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: pgsd umsida
Date Deposited: 13 Sep 2018 01:24
Last Modified: 13 Sep 2018 01:24
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5625

Actions (login required)

View Item View Item