Fatmawati, Nuri (2017) PROSES BERPIKIR KRITIS SISWA SEKOLAH DASAR DALAM MEMECAHKAN MASALAH MATEMATIKA DITINJAU DARI KEMAMPUAN MATEMATIKA. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
Nuri Fatmawati (229).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (223kB) | Preview |
Abstract
Artikel penelitian ini bertujuan mengidentifikasi proses berpikir kritis siswa sekolah dasar untuk memecahkan masalah yang berbentuk soal cerita berdasarkan tingkat kemampuan matematika siswa. Proses berpikir kritis siswa menganut berdasarkan tahapan berpikir kritis IDEALS yaitu Identify, Define, Enumerate, Analyze, List, dan Self-Correct. Subjek dalam penelitian ini terdiri dari 1 siswa yang memiliki kemampuan matematikanya rendah, 1 siswa yang memiliki kemampuan matematika sedang, dan 1 orang yang memiliki kemampuan matematika tinggi. Instrument penelitian ini adalah tes kemampuan matematika, tes berpikir kritis soal matematika, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, wawancara dan observasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis dari hasil tes pemberian soal serta analisis data hasil wawancara. Proses berpikir kritis siswa berdasarkan tingkat kemampuan matematika dalam menyelesaikan masalah berbeda-beda. Subjek dengan kemampuan matematika rendah melewati tahapan berpikir kritis siswa dengan kurang tepat sehingga hasil dari penyelesaiannya tidak dapat diterima kebenarannya. Subjek dengan kemampuan matematika sedang dengan tahapan berpikir kritis cukup baik, meskipun ada beberapa hal yang kurang spesifik. Subjek dengan kemampuan matematika tinggi dapat berpikir kritis dengan baik, jawaban yang di berikan dapat di paparkan dengan jelas dan detail sehingga kebenaran jawaban dapat diterima.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 05:52 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 05:52 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/558 |
Actions (login required)
View Item |