ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS II DI SDN PUCANGANOM SIDOARJO

Rakhmaniah, Khikmah (2017) ANALISIS KESALAHAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MATEMATIKA PADA POKOK BAHASAN OPERASI HITUNG CAMPURAN KELAS II DI SDN PUCANGANOM SIDOARJO. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
KHIKMAH.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (190kB) | Preview

Abstract

Banyak siswa yang mengalami masalah dalam proses pembelajaran matematika. Salah satunya yaitu kesulitan untuk menyelesaikan soal pada materi operasi hitung campuran kelas dua. Berkaitan dengan hal itu, perlu pembahasan mengenai cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi kesulitan siswa dengan melakukan analisis kesalahan pada materi operasi hitung campuran kelas dua, karena pada materi tersebut memiliki kesalahan yang paling banyak. Tujuan penelitian ini digunakan untuk mendeskripsikan jenis-jenis kesalahan siswa antara lain dalam hal pemahaman konsep, ketrampilan menghitung, langkah atau prosedur dan untuk mengetahui presentase kesalahan yang dilakukan siswa dalam mengerjakan soal perasi hitung campuran serta faktor penyebab terjadinya kesalahan berdasarkan hasil wawancara. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen penelitian yang digunakan berupa hasil tes, wawancara dan observasi. Subjek penelitian adalah siswa kelas II SDN Pucang Anom Sidoarjo tahun ajaran 2016-2017 yang terdiri dari 24 siswa. Tes yang digunakan adalah pilihan ganda dan uraian yang berjumlah 4 soal operasi hitung campuran. Menurut data yang diperoleh bahwa jenis kesalahan siswa yang dilakukan meliputi kesalahan dalam menghitung, kesalahan pemahaman konsep dasar dan kesalahan dalam memahami langkah-langkah yang harus dilakukan untuk mengerjakan soal. Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya kesalahan adalah siswa kurang memahami materi saat mengerjakan soal uts materi operasi hitung campuran, siswa tidak teliti dalam menghitung dan siswa kurang menguasai proses cara mengerjakannya, siswa tidak suka berhitung, siswa tidak berani bertanya kepada guru dan siswa lambat belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 22 Aug 2017 05:51
Last Modified: 22 Aug 2017 05:51
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/556

Actions (login required)

View Item View Item