Pertiwi, Eka Diah (2017) Penerapan Pembelajaran CTL untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa Materi Bangun Datar di SDN Candinegoro. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
|
Text
Eka Diah Pertiwi (176).pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (163kB) | Preview |
Abstract
Salah satu permasalahan ketidakberhasilan pembelajaran metematika di SD adalah rendahnya minat belajar siswa dalam mempelajari Matematika. Masalah ini terjadi di SDN Candinegoro kelas III dimana siswa memiliki rasa malas dan kurangnya minat untuk mempelajari matematika khususnya dalam materi pokok bahasan unsur dan sifat bangun datar. Rendahnya minat belajar siswa sangat berdampak buruk terhadap rendahnya kualitas belajar dan pemahaman siswa mengenai pelajaran matematika.Untuk mengatasi permasalahan tersebut perlu dicarikan sebuah solusi yang tepat yakni dengan menggunakan pembelajaran CTL.Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hasil penerapan pembelajaran CTL guna untuk meningkatkan minat belajar siswa. Rancangan penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari 1 siklus yang dilakukan dalam 1 kali pertemuan. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran CTL dapat meningkatkan minat belajar siswa di SDN Candinegoro.Peningkatan tersebut ditandai dengan ketercapaian 4 indikator minat belajar dalam pembelajaran CTL.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 05:45 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 05:45 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/554 |
Actions (login required)
View Item |