AL ADIN, PUNTO CAHYO (2018) PENGEMBANGAN KURIKULUM UNTUK MEMPERKUAT KARAKTER SANTRI DI PESANTREN PERSATUAN ISLAM (PERSIS) BANGIL. Masters thesis, Universitas Muhammaadiyah Sidoarjo.
Text
1. TESIS LENGKAP - 168610800022.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) | Request a copy |
Abstract
Penelitian tentang pengembangan kurikulum untuk memperkuat karakter santri di Pesantren Persatuan Islam (PERSIS) Bangil ini bahwa pihak mudir telah memberikan waktu untuk menyelesaikan administrasi berupa prota, promes, silabus dan rpp. Banyak sekali upaya mudir untuk meningkatkan kemampuan guru dalam menyusun prota, promes, silabus dan rpp salah satunya dengan mengikutsertakan wakil mudir bidang pendidikan dan yayasan untuk mengikuti pelatihan yang berkaitan dengan pengembangan kurikulum pesantren yang sekarang ditambah dengan indikator karakter yang di dalamnya harus tertera program pesantren yang bertujuan untuk penguatan karakter santri. Karena dengan demikian seluruh program pesantren akan bisa terkontrol dan jika sewaktu-waktu ada pengawas dan yayasan sudah siap semua. Dan tidak akan keteteran ketika akan dilaksanankan akreditasi. Faktor pendukung pengembangan kurikulum dibagi menjadi tiga adalah kesiapan guru, wali santri, sertifikasi. Adapun yang dimaksudkan kesiapan guru baik secara psikologis, kemampuan dan pemahaman harus sudah memadai dan siap dalam mengkaji pengembangan kurikulum yang memang fokusnya adalah ke administrasi berupa prota, promes, silabus dan rpp yang sudah diintegrasikan dengan penguatan pendidikan karakter. Yang kedua adalah wali santri yang memberikan masukan yang bersifat membangun serta dalam rangka untuk memperkuat karakter para santrinya melalui program pesantren, sehingga yang diharapkan oleh para wali santri adalah anaknya mampu untuk menjalankan target 4 sifat (shiddiq, amanah, tabligh dan fathonah) yang diharuskan pesantren Persatuan Islam (PERSIS) Bangil bisa jalan dengan bersamaan pada diri santri. Ketiga, adanya sertifikasi guru yang sekaligus menjadikan pelecut semangat tambahan pada diri masing-masing asatidz yang sudah tersertifikasi untuk menyusun administrasi berupa prota, promes, silabus dan rpp untuk menunjang kinerja, income, dan membawa nama pesantren menjadi lebih baik yang taat administrasi serta terus berusaha untuk merencanakan program pesantren yang matang dan berkualitas khususnya untuk target penguatan karakter.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Additional Information: | Tesis |
Uncontrolled Keywords: | Pengembangan; Kurikulum; Karakter. |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum |
Divisions: | Postgraduate > Master's of Islamic Education |
Depositing User: | mpdi umsida |
Date Deposited: | 04 Sep 2018 03:51 |
Last Modified: | 04 Sep 2018 03:51 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5536 |
Actions (login required)
View Item |