STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI SD ISLAM TERPADU INSAN KAMIL SIDOARJO

tanagalie, Noora Variant (2018) STRATEGI PENINGKATAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU DI SD ISLAM TERPADU INSAN KAMIL SIDOARJO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Tesis lengkap-158610800030.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (8MB) | Request a copy

Abstract

Latar belakang penelitian ini muncul dari kenyataan kurang optimalnya dunia pendidikan dalam menghasilkan generasi muda yang cerdas dan berakhlak mulia. Keberhasilan pendidikan ditentukan oleh kompetensi guru. Ada 4 kompetensi yang wajib dikuasai oleh guru, yakni kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Fokus pembinaan dan pelatihan guru selama ini hanya untuk meningkatkan kompetensi pedagogik dan profesional saja. Sedangkan keteladanan atau kompetensi kepribadian sering diabaikan. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif, dengan mengambil lokasi penelitian di SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi, dengan subyek data yaitu kepala sekolah, yayasan bidang SDM, guru-guru Insan Kamil, serta wali murid SDIT Insan Kamil Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi peningkatan kompetensi kepribadian guru di SDIT Insan kamil Sidoarjo adalah berdasarkan indikator kompetensi guru yang berkaitan dengan pemahaman islam yang syamil dan mutakamil, kedisiplinan kerja, kemampuan dan integritas memimpin, serta akhlak karimah. Strategi yang diterapkan oleh SDIT Insan Kamil meliputi : 1) Halaqah; 2) Kajian Sabtu Pagi; 3) Koordinasi Murobbi Guru; 4) Mabit Ustadz; 5) Jalasah RuhiyahUstadzah; 6) LDK Guru; 7) Pelatihan Service Excellence; 8) Pelatihan Keluarga Sakinah. Semua program di atas telah terbukti dapat memberikan pengaruh positif terhadap kepribadian guru. Faktor penghambat dari program peningkatan kompetensi guru adalah sumber daya manusia (guru), alokasi dana yang terbatas, program kerja yang terlalu banyak dengan waktu yang terbatas. Upaya untuk mengatasi faktor penghambat tersebut adalah program kerja lebih berfokus dalam membina motivasi internal guru, mengalokasikan dana dengan cara memperluas unit usaha, mengevaluasi dan menetapkan program kerja yang efektif dan efisien. Untuk melengkapi strategi peningkatan kompetensi kepribadian guru perlu diadakan angket penilaian siswa terhadap guru, sehingga guru bisa mengevaluasi dirinya untuk perbaikan positif.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Tesis
Uncontrolled Keywords: Kompetensi guru; kompetensi kepribadian guru; SDIT Insan Kamil; peningkatan kepribadian guru.
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Postgraduate > Master's of Islamic Education
Depositing User: mpdi umsida
Date Deposited: 03 Sep 2018 05:50
Last Modified: 03 Sep 2018 05:50
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5525

Actions (login required)

View Item View Item