Menerapkan Model CTL Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SDIT El-Haq Buduran Materi Bangun Ruang

Putri, Devia Intan (2017) Menerapkan Model CTL Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa SDIT El-Haq Buduran Materi Bangun Ruang. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Devia Intan P.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (45kB) | Preview

Abstract

Keaktifan siswa merupakan proses dalam pembelajaran yang dilakukan untuk menumbuhkan keaktifan siswa dalam belajar mengajar. Dilakukan dengan cara guru harus berperan aktif dalam menumbuhkan kepercayaan diri siswa untuk bertanya, menjawab pertanyaan dan mengacungkan tangan untuk menjawab soal dari guru. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas dengan menggunakan Teknik pengambilan sample yaitu Non Probability dengan model sampel jenuh. Pada penelitian tindakan kelas ini menggunakan subyek 22 siswa. Pada penelitian ini masalah yang diteliti adalah kurangnya keaktifan dalam pembelajaran berlangsung. Oleh karena itu guru harus menggunakan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) untuk meningkatkan keaktifan siswa. Penggunaan metode CTL (Contextual Teaching and Learning) ini sangat berpengaruh dalam keaktifan siswa karena metode ini bersangkutan dalam kehidupan nyata atau kehidupan dilingkungan sekitar. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keaktifan siswa dalam menerapkan model pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning). Hasil dari penelitian dapat disimpulkan bahwa dalam penggunaan model CTL untuk meningkatkan keaktifan siswa SDIT El-Haq kelas V pada materi bangun ruang ini dapat dinyatakan meningkat karena beberapa keatifan siswa yaitu 1) Mendorong siswa untuk tidak takut mengacungkan tangan 2) Mendorong siswa untuk bertanya secara kritis 3) Siswa berani menjawab soal dipapan tulis.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 22 Aug 2017 05:44
Last Modified: 22 Aug 2017 05:44
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/552

Actions (login required)

View Item View Item