IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ AL-QURAN WAFA DENGAN GERAKAN DI SDIT NURUL FIKRI SAIMBANG SUKODONO SIDOARJO

Lestari, Friska Budi (2018) IMPLEMENTASI METODE TAHFIDZ AL-QURAN WAFA DENGAN GERAKAN DI SDIT NURUL FIKRI SAIMBANG SUKODONO SIDOARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 142071000066.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Wafa adalah metode pembelajaran yang dilakukan dengan memaksimalkan otak kanan, yaitu dengan bantuan gambar, cerita, nyanyian, gerakan dan bertilawah dengan nada hijaz. Terdapat 5 macam program yaitu: Tilawah, Tahfidz, Tarjamah, Tafhim, dan Tafsir. Metode tahfidz al-Qur’an Wafa dengan gerakan adalah program menghafal ayat-ayat al-Qur’an dengan gerakan sesuai dengan terjemah ayat. Metode tahfidz Wafa hadir untuk membantu, menolong siswa agar lebih mudah memperkuat hafalan. Tujuan penulisan skripsi ini adalah untuk mengetahui implementasi metode tahfidz al-Qur’an Wafa dengangerakan beserta factor pendukung dan penghambat dalam metode tahfidzal-Qur’an Wafa dengan gerakan di SDIT Nurul Fikri Saimbang Sukodono Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Dalam memilih dan menentukan subyek penelitian, peneliti menggunakan teknik Random Sampling. Sedangkan teknik pengumpulan data melalui metode wawancara, observasi dan dokumentasi. Adapun teknik analisis datanya model Milles dan Hubbermen. Selanjutnya ada tiga langkah yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ustadz dan ustadzah berupaya untuk mengatasi factor penghambat dalam pembelajaran tahfidz. Dengan mengkreasikan mengkreasikan pembelajaran tafidz al-Qur’an dengan gerakan yaitu dalam mengatasi remidi siswa. Jadi menghafal serasa bermain.faktor pendukung diantaranya waktu yang mencukupi yang telah disediakan dari sekolah, setiap satu minggu sekali coordinatoral-Qur’an memonitor kekurangan sebagai bahan masukan kelompok ngaji yang lain. Pengadaan munaqosyah setiap tahun sebaga imotivasi siswa untuk lebih semangat lagi dalam menghafal al-Qur’an.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: metode; tahfidz; al-quran; wafa; dengan; gerakan.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 03 Sep 2018 01:33
Last Modified: 03 Sep 2018 01:33
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5512

Actions (login required)

View Item View Item