المقارنة بين المناهج القائمة على الكفاءة (KBK)، والمناهج المبنية على الوحدات الدراسية(KTSP) ، والمناهج سنة ثلاثة عشر في تعليم اللّغة العربية بالمدرسة المتوسطة الدينية

Maghfiroh, Faizatum (2018) المقارنة بين المناهج القائمة على الكفاءة (KBK)، والمناهج المبنية على الوحدات الدراسية(KTSP) ، والمناهج سنة ثلاثة عشر في تعليم اللّغة العربية بالمدرسة المتوسطة الدينية. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI LENGKAP-162071900010.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persamaan, perbedaan, kekurangan, serta kelebihan, yang terdapat dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK), Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP), dan Kurikulum 2013 (K13). Jenis penelitian ini adalah penelitian kepustakaan dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sumber data yang diperoleh melalui buku-buku penunjang yang terkait dengan ketiga kurikulum tersebut. Analisis datanya menggunakan analisis isi. Berdasarkan analisis diperoleh kesimpulan tujuan dalam pembelajaran bahasa arab pada KBK, KTSP, dan Kurikulum 2013 sama-sama untuk mendorong dalam empat ketrampilan berbahasa yang seimbang. Perbedaannya adalah jika di KBK dan di KTSP standar kompetensi lulusan pada setiap pelajaran berbeda-beda, sedangkan di Kurikulum 2013 standar kompetensi lulusan diintegralkan kedalam semua mata pelajaran. Metode pembelajaran pada ketiga kurikulum tersebut memiliki prinsip yang sama yaitu pembelajaran yang interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif. Perbedaannya jika di KBK pendekatan kompetensi yang menekankan pada pemahaman, kemampuan atau kompetensi tertentu di sekolah dan metode pembelajarannya berbasis kompetensi sehingga peserta didik berada dalam proses perkembangan yang berkelanjutan, di KTSP pendekatan dan metode pembelajarannya bervarisi, sedangkan di Kurikulum 2013 pendekatan yang digunakan adalah pendekatan saintifik, sehingga metode yang digunakan disesuaikan dengan pendekatan tersebut. Kelebihan pada KBK bersifat alamiah (konstekstual), kekurangan KBK indikator sudah tersusun, seharusnya gurulah yang menyusun indikator tersebut, karena guru yang tahu akan sikap, dan kemampuan para peserta didik. Kelebihan pada KTSP diantaranya terletak pada materi yang diajarkan sudah terbagi dalam standar kompetensi dan kompetensi dasar yang sesuai harapan. Kekurangan KTSP lebih menonjolkan pada aspek pengetahuan saja, cakupan materi-materi masih terlalu luas. Kelebihan Kurikulum 2013 diantaranya menyeimbangkan antara ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik. Kekurangannya antara lain dengan pendekatan saintifik, sehingga guru dituntut untuk memilih metode yang sesuai dengan pendekatan tersebut.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: KBK; KTSP; kurikulum 2013.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education
Depositing User: pba umsida
Date Deposited: 01 Sep 2018 03:38
Last Modified: 01 Sep 2018 03:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5506

Actions (login required)

View Item View Item