EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM TERPADU DI SD ISLAM TERPADU INSAN KAMIL SIDOARJO

Kusuma, Muhammad Azhari Ryan (2018) EVALUASI IMPLEMENTASI KEBIJAKAN KURIKULUM TERPADU DI SD ISLAM TERPADU INSAN KAMIL SIDOARJO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
TESIS LENGKAP-168610800025.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Kualitas pendidikan di indonesia masih tertinggal dari negara lain. salah satu permasalahannya adalah adanya ketidakseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum Kualitas pendidikan di indonesia masih tertinggal dari negara lain hal tersebut disebabkan salah satunya karena adanya ketidakseimbangan antara orientasi proses pembelajaran dan hasil dalam kurikulum 2013 yang diterapkan saat ini.Sekolah dasar Islam terpadu Insan Kamil salah satu sekolah swasta berbasis islam yang berhasil dalam hal pendidikan yang menghasilkan generasi yang berpikir kritis dan mampu menganalisis masalah di sekitarnya dengan disertai sudut pandang agama Islam melalui Al Quran dan sunnah yang dipadukan dalam kurikulumnya akan tetapi belum ada evaluasi kurikulum terpadu yang dilakukan secara komprehensif terhadap pelaksanaan di sekolah tersebut. Penelitian ini mengevaluasi Implementasi Kebijakan Kurikulum Terpadu Di SD Islam Terpadu Insan Kamil Sidoarjo. Evaluasi tersebut mencakup evaluasi konteks, input, proses, dan produk, sebagaimana tahapan dalam model evaluasi CIPP yang digunakan sebagai pendekatan evaluasi dalam penelitian ini. Penlitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Hasil penelitian tersebut menyebutkan bahwa SDIT Insan Kamil memiliki kebijakan program/konteks yang cukup baik, memiliki kesiapan program/input yang cukup, melaksanakankan program/proses cukup baik, serta capaian hasil program/produk yang cukup.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Tesis
Uncontrolled Keywords: Evaluasi CIPP; kebijakan kurikulum; SDIT Insan Kamil.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Postgraduate > Master's of Islamic Education
Depositing User: mpdi umsida
Date Deposited: 03 Sep 2018 02:52
Last Modified: 03 Sep 2018 02:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5504

Actions (login required)

View Item View Item