PENERAPAN MANAJEMEN SISTEM KREDIT SEMESTER PADA PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA DI SMP NEGERI 1 SIDOARJO

Rahmayanti, Rahmayanti and Nur, Efendi (2018) PENERAPAN MANAJEMEN SISTEM KREDIT SEMESTER PADA PESERTA DIDIK CERDAS ISTIMEWA DI SMP NEGERI 1 SIDOARJO. Masters thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
1. TESIS LENGKAP PDF- 168610800015.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan manajemen kurikulum Sistem Kredit Semester pada Peserta Didik Cerdas Istimewa di SMP Negeri 1 Sidoarjo. Pengumpulan data penelitian diperoleh dengan teknik observasi, wawancara, quesioner dan studi dokumen. Hasil penelitian mengungkapkan temuan sebagai berikut. 1) Perencanaan kurikulum Sistem Kredit Semester berpedoman pada Permendikbud nomor 158 tahun 2014 serta Peraturan Bupati Kabupaten Sidoarjo tentang Penetapan Satuan Pendidikan Penyelenggara Sistem Kredit Semester di Kabupaten Sidoarjo. Persiapan-persiapan yang dilakukan adalah mengikuti sosialisasi kurikulum Sistem Kredit Semester dengan mengikuti pendidikan dan latihan guru mata pelajaran dan rapat koordinasi kepala sekolah untuk menganalisis konteks dan kebutuhan serta mengidentifikasi standar nasional pendidikan. 2) Pengorganisasian dan pengkoordinasian kurikulum Sistem Kredit Semester dilakukan kepala sekolah dengan cara memberikan rapat singkat (briefing) kepada para wakasek, guru dan staf tata usaha dalam setiap minggunya. 3) Evaluasi kurikulum Sistem Kredit Semester dilakukan dengan cara mengadakan penilaian sesuai pencapaian Kriteria Ketuntasan Minimal serta memeriksa dokumen kurikulum dan supervisi. Faktor-faktor pendukung penerapan kurikulum Sistem Kredit Semester, meliputi: faktor kerjasama yang proaktif antara kepala sekolah, wakasek, dewan guru; faktor sarana dan prasarana yang lengkap; faktor kompetensi dan jenjang pendidikan guru; dukungan orang tua dan pola pikir siswa yang sudah maju. Adapun faktor-faktor penghambatnya, sebagai berikut: faktor tanggung jawab akademik tenaga pengajar yang belum tercapainya target seratus persen kehadiran bagi tenaga pengajar; faktor kurangnya pembinaan Dinas Pendidikan Sidoarjo terhadap penyelenggaraan kurikulum Sistem Kredit Semester di Sekolah Menengah Pertama Negeri se-kabupaten Sidoarjo; faktor tingkat sosial Peserta Didik Cerdas Istimewa yang perlu ditingkatkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fungsi perencanaan, pengorganisasian dan pelaksanaan kurikulum Sistem Kredit Semester sudah berjalan sebagaimana mestinya. Akan tetapi fungsi dan evaluasi kurikulum Sistem Kredit Semester belum sepenuhnya berjalan secara optimal.

Item Type: Thesis (Masters)
Additional Information: Tesis
Uncontrolled Keywords: Manajemen Kurikulum; Sistem Kredit Semester; Peserta Didik Cerdas Istimewa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Postgraduate > Master's of Islamic Education
Depositing User: mpdi umsida
Date Deposited: 01 Sep 2018 03:52
Last Modified: 01 Sep 2018 03:52
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5503

Actions (login required)

View Item View Item