Sa'dia, Lailatul (2018) Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab di kelas 2 Mutawassitoh Watnatham Islam School, Thailand Selatan. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap-162071900017.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
ABTRAKSI LAILATUL SA’DIA (162071900017), Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Arab Di Kelas 2 Mutawwasiitoh Watnatham Islam School, Thailand Selatan. Skripsi, Jurusan Pendidikan Bahasa Arab Fakultas Agama Islam Universitas Muhammadiyah Sidoarjo. Pembimbing :Najih Anwar, S.Ag, M.Pd. Kata Kunci: Pelaksanaan; Pembelajaran Bahasa Arab Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab yang diterapkan di kelas 2 mutawassitoh Watnatham Islam School.Langkah-langkah apa saja yang dilakukan oleh pengajar bahasa Arab di salah satu sekolah Thailand Selatan. Serta untuk mengetahui faktor pendukung dan factor penghambat pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab, dan solusi dari penghambat pembelajaran bahasa Arab di kelas 2 mutawassitoh. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif, dengan subyek penelitiannya adalah kepala sekolah Watnatham Islam School, guru kepala bidang kurikulum, guru pengajar bahasa Arab, dan pelajar kelas 2 mutawassitoh. Metode pengumpulan data dengan wawancara kepada kepala sekolah, guru kepala bidang kurikulum, guru pengajar bahasa Arab, dan pelajar kelas 2 mutawassitoh, kemudian observasi kegiatan pembelajaran bahasa Arab di kelas kelas 2 mutawassitoh. Teknik Analisis yang digunakan adalah analisis data,dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan terakhir interpretasi data yang telah dikumpulkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran bahasa Arab di watnatham Islam School masih sederhana adapun tahapan pelaksanaan pembelajarannya meliputi doa, menjelasan materi baru, dan latihan soal. Adapun faktor pendukung dalam pembelajaran bahasa Arab di kelas 2 mutawassitoh watnatham al-madrosah al-islamiyyah adalah: adanya motivasi pengajar bahasa arab untuk memahamkan pelajarnya tentang bahasa Arab. Kecenderungan pelajar kelas 2 terhadap pembelajaran bahasa Arab cukup besar. Ruang kelas yang besar, dan lingkungan sekolah yang nyaman. Adapun yang kedua faktor penghambat: Kurangnya persiapan guru sebelum melakukan pembelajaran bahasa Arab, metode yang digunakan hanya metode ceramah, fasilitas pembelajaran kurang memadai. Solusi yang ditempuh untuk mengatasi permasalahan dalam pembelajaran bahasa arab di kelas 2 mutawassitoh adalah diadakan pelatihan tentang metode pembelajaran untuk para pengajar, menciptakan lingkungan berbahasa arab, menambah fasilitas pembelajaran di kelas.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Pelaksanaan; Pembelajaran Bahasa Arab |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education |
Depositing User: | pba umsida |
Date Deposited: | 01 Sep 2018 03:34 |
Last Modified: | 01 Sep 2018 03:34 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5491 |
Actions (login required)
View Item |