PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 4 SIDOARJO

Rachmah, Faizhatur (2018) PENGEMBANGAN KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU DALAM PEMBELAJARAN PAI DI SMAN 4 SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
SKRIPSI Lengkap Faizhatur Rachmah-142071000031.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (3MB)

Abstract

Sebagai pendidik dalam menjalankan tugas harus secara profesional. Kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang guru yaitu kemampuan pedagogik. kompetensi pedagogik sangat penting bagi guru sebagai pendidik, terutama dalam upaya memahami karakterisktik peserta didik, mengelola (merencanakan, melaksanakan, mengevaluasi, dan menindak lanjuti) pembelajaran, dan mengembangkan berbagai potensi peserta didik secara efektif dan optimal. Adapaun tujuan sebagai berikut: 1. Untuk mengetahui bagaimana kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 4 Sidoarjo, 2. Untuk mengetahui apa saja hambatandalamproses pengembangan kompetensi pedagogik guru dalam pembelajaran PAI di SMAN 4 sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan fenomenologi. Fenomenologis dapat diartikan sebagai suatu pengalaman subjektif yang merupakan suatu studi mengenai kesadaran pokok dari seseorang. Adapun teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data dalam penelitian ini observasi, wawancara, dokumentasi. Tujuan dari analisa ini adalah untuk menggambarkan kejadian, yang factual dan akurat mengenai fakta-fakta yang terjadi selama penelitian dilakukan di SMAN 4 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi pedagogik memiliki indikator penting yang harus ada dalam diri seorang pendidik yakni: Kemampuan dalam memahami peserta didik, Kemampuan dalam membuat rancangan pembelajaran, Kemampuan melaksanakan pembelajaran yang mendidik dan dialogis, Kemampuan dalam mengevaluasi hasil belajar, Kemampuan dalam mengembangkan peserta didik untuk mengaktualisasikan berbagai potensi yang telah dimilikinya. Dengan adanya indikator tersebut sangat penting bagi guru, terutama dalam upaya memahami karakterisktik pesera didik, dalam mengelola, melaksanakan, merencanakan, mengevaluasi, menindak lanjuti saat pembelajaran, dan mengembangkan berbagai potensi yang dimiliki peserta didik. Adapun hambatan yang terjadi dalam pengembangan kompetensi pedagogik guru Pendidikan Agama Islam adalah: Usia guru yang sudah lanjut usia, Penghasilan guru non PNS masih rendah, Kesadaran penuh dari setiap individu masih rendah.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: SKRIPSI
Uncontrolled Keywords: Pengembangan Kompetensi Pedagogik; PembelajaranPendidikan Agama Islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2300 Higher Education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:49
Last Modified: 31 Aug 2018 07:49
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5485

Actions (login required)

View Item View Item