Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Hasyim Asy’ari Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Dan Persegi Panjang

Rahmawati, Assa’diah Eka (2017) Penerapan Pembelajaran Kontekstual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa MI Hasyim Asy’ari Pada Materi Keliling Dan Luas Persegi Dan Persegi Panjang. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Assa'diah Eka R..pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (230kB) | Preview

Abstract

Salah satu masalah pada pembelajaran matematika di MI Hasyim Asy’ari adalah rendahnya kualitas belajar siswa dalam menguasai materi materi yang diajarkanoleh guru. Masalah ini terjadi pada siswa MI kelas 4 tahun ajaran 2016-2017. Masalah yang terjadi pada siswa tersebut adalah kesalahan-kesalahan dalam mengukur, yakni kesalahan pengukuran kasar, kesalahan pengkuran random, dan kesalahan pengukuran random. Masalah-maalah tersebut menjadikan rendahnya kualitas belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk (1) menurunkan jenis kesalahan belajar siswa, dan (2) meningkatkan kualitas belajar siswa dengan model CTL. Rancangan penelitian ini dilakukan dengan menggunakan konsep Penelitian Tindakan Kelas yang dilaaksanakan dalam dua siklus dan dilakukan dalam kurun waktu 2 kali tatap muka. Berdasarkan dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa penggunaan model CTL dapat meningkatkan kualitas belajar siswa dan juga dapat mengurangi kesalahan-kesalahan yang dilakukan oleh siswa.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:36
Last Modified: 22 Aug 2017 04:36
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/548

Actions (login required)

View Item View Item