PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI JAMAAH MASJID AL-HIKMAH DESA SUMORAME KECAMATAN CANDI SIDOARJO

Ghifari, Abu Dzar Al (2018) PEMANFAATAN MASJID SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN NON FORMAL BAGI JAMAAH MASJID AL-HIKMAH DESA SUMORAME KECAMATAN CANDI SIDOARJO. Undergraduate thesis, UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH SIDOARJO.

[img] Text
Skripsi Lengkap - 142071000047.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (2MB)

Abstract

Abu Dzar Al Ghifari. NPM. 142071000047 (2018) Pemanfaatan Masjid Sebagai Media Pendidikan Non Formal bagi Jamaah Masjid Al-Hikmah Desa Sumorame Kecamatan Candi Sidoarjo. Dosen pembimbing: Dr. Budi Haryanto, M.Pd. Penelitian dalam skripsi ini dilatarbelakangi oleh revitalisasi masjid sebagai lembaga pendidikan Non Formal sangat penting untuk meningkatkan kualitas pendidikan Islam dan menghadapi isu yang multidimensional. Masjid Al-Hikmah Sidoarjo merupakan masjid yang aktif dalam menyelenggarakan kegiatan-kegiatan. Masjid tersebut terletak di tempat yang strategis sehingga mudah diakses oleh kaum muslimin. Masjid tersebut biasa digunakan sebagai lembaga pendidikan Islam mulai dari sebagai tempat ibadah, dakwah maupun sebagai tempat belajar. Metode penelitian, penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif, lokasinya di Masjid Al-Hikmah Sumorame Candi Sidoarjo, metode pengumpulan data adalah observasi, interview, dan dokumentasi. peneliti menggunakan metode penelitian tersebut dengan alasan, penulis dapat lebih mudah memaparkan dan menganalisis bagaimana fenomena yang terjadi dan terkait dengan pendidikan nonformal di Masjid Al Hikmah. Hasil dari penelitian tersebut adalah Masjid Al-Hikmah dalam prakteknya masih sedikit sekali memanfaatan Masjid sebagai Media pendidikan, dikarenakan belum menyentuh sebagai media pendidikan Non Formal yang harus ada peserta didik yang terstruktur dan berjenjang agar tujuan tersampaikan sesuai dengan yang diinginkan, dan Masjid Al-Hikmah lebih Mengarah kepada Media Dakwah dan Sosial , dikarenakan di dalamnya para pendidik lebih banyak ceramah tentang ilmu-ilmu Agama Islam dan menyerukan kepada para Jamaah untuk mengkaji Agama Islam agar bisa lebih taat kepada Allah SWT serta terbukti dalam Praktiknya Masjid Al-Hikmah juga berperan aktif dalam aksi-aksi Sosial. Hambatan-hambatan yang muncul ada dua sisi, sisi yang pertama dari pihak takmir didalam takmir sendiri terdiri dari beberapa orang yang mana tingkat pendidikanya berbeda-beda, sehingga dalam menyikapi hambatan-hambatan juga beragam seperti kegiatan sosial yang perlu pencermatan yang baik antar pengurus dikarenakan langsung bersinggungan dengan masyarakat, untuk permasaahan-permasalahan kecil dalam interen pengurus juga harus diperhatikan, agar kegiatan bisa berjalan dengan baik, dan itu semua butuh musyawarah untuk meyelesaikan suatu hambatan-hambatan yang ada. serta hambatan para jamaah yang yang beragam dikarenakan para jamaah tidak hanya dari sekeliling masjid serta mempunyai karakter yang berbeda-beda.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: Pemanfaatan; Masjid; sebagai; Media; Pendidikan; Non; Formal.
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 07:00
Last Modified: 31 Aug 2018 07:00
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5478

Actions (login required)

View Item View Item