PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HIDAYAH SUMBERSUKO PANDAAN

Amalia, Rizma Nur (2017) PROSES PEMBELAJARAN MATEMATIKA DI MI AL HIDAYAH SUMBERSUKO PANDAAN. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img]
Preview
Text
Artikel Revisi Rizma N.a.pdf - Published Version
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (32kB) | Preview

Abstract

Berpikir kritis ini bertujuan untuk mengetahui proses belajar siswa dalam mengerjakan soal matematika bentuk uraian berdasarkan sikap belajar para siswa. Setiap siswa memiliki sikap belajar yang berbeda-beda. Subjek penelitian terdiri dari 10 siswa yang masing-masing memiliki sikap belajar yang berbeda yakni kognitif [konseptial], afektif [emosional], konatif [perilaku atau action component]. Instrumen penelitian meliputi penelitian, tes berpikir kritis, dan wawancara. Teknik pengumpulan data yang peneliti gunakan adalah berupa wawancara, tes dan observasi. Analisis data dilakukan dengan cara pengambilan simpulan, hasil tes dan penyajian yang diberikan oleh peneliti. Cara berpikir kritis para siswa auditorial, visual dan kinestetik pada identitas dan definisi memiliki kesamaan dalam memecahkan masalah berbentuk soal cerita. Perbedaan itu terdapat pada lagkah dan pilihan yang dipilih siswa berasaskan fakta dan juga alasan yang logis yang telah diberikan, sementara perbedaan lain yang terletak kepada kejelian para siswa dalam melakukan pemeriksaan kembali atas jawaban yang sudah didapatkan.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education
Divisions: Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education
Depositing User: M.Pd Mohammad Faizal Amir
Date Deposited: 22 Aug 2017 04:35
Last Modified: 22 Aug 2017 04:35
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/547

Actions (login required)

View Item View Item