Mahgfiroh, Eva Yuana (2018) Penerapan Teknik Kuis Berbahasa Arab untuk Meningkatkan Maharah Kalam Siswa Kelas 8 G SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap-162071900009.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (3MB) |
Abstract
Pembelajaran keterampilan berbicara bahasa Arab pada pokok bahasan الألوان yang dilaksanakan di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo belum sepenuhnya melibatkan peran siswa secara optimal. Hal tersebut mengakibatkan rendahnya kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab. Dalam hal ini siswa cenderung pasif dalam mengikuti kegiatan pembelajaran sehingga pembelajaran kurang bermakna. Melihat hal tersebut, maka dengan melaksanakan pembelajaran melalui teknik kuis berbahasa arab ini dengan penelitian tindakan kelas diharapkan dapat meningkatkan kemampuan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas 8 G SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Permasalahan yang dikaji pada penelitian ini adalah: 1. Bagaimana penerapan Teknik Kuis Berbahasa arab dalam meningkatkan maharah kalam siswa kelas 8 G di SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo? 2. Apa faktor pendukung dan penghambat dalam menerapkan teknik kuis untuk meningkatkan maharah kalam siswa kelas 8 G SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo? Untuk memperoleh hasil penelitian tersebut, peneliti melakukan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif. Model PTK yang digunakan yaitu Kurt Lewin. Dimana dalam satu siklus terdiri dari empat komponen, meliputi: Perencanaan, Tindakan, Observasi, dan Refleksi. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Data kualiatif dianalisis secara deskriptif dan data kuantitatif dianalisis menggunakan rumus nilai rata-rata dan persentase ketuntasan belajar. Dari uraian di atas peneliti menyimpulkan bahwa melalui Teknik Kuis dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam berbicara bahasa Arab pada siswa kelas 8 G SMP Muhammadiyah 1 Sidoarjo. Hal ini ditunjukkan dengan aktivitas belajar siswa yang mengalami peningkatan. Pada siklus I nilai rata-rata sebesar 85,34 sedangkan siklus II sebesar 88,11. Persentase ketuntasan belajar siklus I sebesar 71%, sedangkan siklus II sebesar 80%.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Teknik Kuis; Keterampilan Berbicara |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education |
Depositing User: | pba umsida |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 07:22 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 07:22 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5453 |
Actions (login required)
View Item |