Presilvania, Novia (2017) Analisis Kesalahan Dalam Menyelesaikan Soal Operasi Hitung Pembagian Bentuk Persen dan Desimal Siswa Kelas V SDN Sawocangkring. Universitas Muhammadiyah.
|
Text
artikel Novia word 2003.pdf - Published Version Available under License Creative Commons Attribution. Download (407kB) | Preview |
Abstract
Kesalahan siswa dalam mengerjakan soal matematika tentang pembagian berbagai bentuk pecahan sering terjadi akibat siswa belum memahami pemahaman konsep materi operasi hitung pembagian berbagai bentuk pecahan. Penelitian yang dianalisis ini termasuk penelitian deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk menganalisa jenis dan faktor penyebab kesalahan siswa kelas V dalam menyelesaikan soal operasi hitung pembagian berbagai pecahan. Subjek penelitian ini yaitu 14 siswa kelas V. Metode pengumpulan data yang digunakan peneliti ini yaitu soal tes tertulis dan wawancara. Dari hasil analisis data yang didapat peneliti, disimpulkan bahwa macam-macam kesalahan yang dilakukan siswa adalah kesalahan konsep pada operasi hitung pembagian berbagai pecahan, kesalahan prinsip dalam menuliskan urut-urutan / langkah-langkah pengerjaan, dan kesalahan operasi dalam memperhitungkan operasi pembagian berbagai pecahan. Adapun faktor penyebab siswa melakukan kesalahan dalam menyelesaikan operasi pembagian berbagai pecahan adalah (1) siswa tidak memahami konsep dengan baik, (2) adanya kebingungan siswa dalam menuliskan tata letak operasi pecahan, (3) tidak adanya keterampilan berhitung yang baik, (4) tidak menguasai operasi hitung pembagian dan perkalian dengan baik.
Item Type: | Article |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Divisions: | Faculty of Teaching and Education Science > School of Elementary's Teacher Education |
Depositing User: | M.Pd Mohammad Faizal Amir |
Date Deposited: | 22 Aug 2017 04:34 |
Last Modified: | 22 Aug 2017 04:34 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/545 |
Actions (login required)
View Item |