Indah, Selvy Dewi (2018) PENANAMAN NILAI-NILAI KARAKTER RELIGIUS MELALUI HIDDEN CURRICULUM DI SMP PROGRESIF BUMI SHALAWAT. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap - 142071000022.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif yang dilihat dari jenisnya menggunakan penelitian lapangan (field research). Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan etnografi yang meneliti tentang budaya dalam suatu komunitas tertentu. Penelitian ini dilatar belakangi oleh pentingnya penanaman nilai-nilai karakter religius pada siswa, agar menjadi insan yang beriman dan bertaqwa kepada Allah SWT, menjadi Siswa yang sholih sholihah yang memiliki akhlakul karimah. Di tengah-tengah globalisasi dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, siswa sebagai penerus bangsa harus tetap diimbangi dengan pengetahuan agama yang cukup, agar selalu terhindar dari perbuatan yang dilarang agama. Di dalam nilai-nilai karakter religius terdapat tiga aspek yaitu akidah, ibadah, dan akhlak. Dan ketiga hal tersebut harus dimiliki oleh semua umat muslim, memiliki keimanan, kemudian mengamalkannya dengan menjalankan perintah Allah SWT, serta menjaga akhlaknya kepada sesama manusia. Dalam hal ini lembaga pendidikan termasuk SMP Progresif Bumi Shalawat juga ikut berperan dalam membentuk insan yang beriman, bertaqwa, dan berakhlak melalui program hidden curriculum ini. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah wawancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan teknis analisis data pada penelitian ini ada tiga tahap, yaitu reduksi data (data reduction), penyajian data (data display), dan penarikan kesimpulan (data conclusion drawing/ verification). Penanaman nilai-nilai karakter relegius melalui hidden curriculum di SMP Progresif Bumi Shalawat diterapkan dengan melalui beberapa tahap yaitu dengan menggunaka metode membangun kebiasaan baik, pemberian nasehat dan pemberian keteldanan. Dan dalam proses pelaksanaan strategi ini melibatkan para pendidik. Dengan adanya penanaman nilai-nilai karakter relegius ini dibuktikan perilaku peserta didik lebih baik dan kenakalan peserta didik pun mulai berkurang.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | Nilai Karakter Religius; Hidden Curriculum |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education |
Depositing User: | pai umsida |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 06:30 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 06:30 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5443 |
Actions (login required)
View Item |