ibrahim, ahmad (2018) PENERAPAN METODE EKLEKTIK DALAM PEMBELAJARAN BAHASA ARAB DI PONDOK PESANTREN AN-NUR SIDOARJO. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Text
Skripsi Lengkap - 1420171900010.pdf - Published Version Restricted to Registered users only Available under License Creative Commons Attribution. Download (5MB) | Request a copy |
Abstract
Achmad Fachruddin Ibrahim, Nim: 142071900010 “Penerapan Metode Eklektik Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Pondok Pesantren An-Nur Sidoarjo”, Pembimbing: Najih Anwar, S.Ag, M.Pd.. Kata kunci: penerapan, metode eklektik. Dalam pembelajaran Bahasa Arab atau Bahasa Asing lainya yang sering menjadi sorotan dan bahan kajian adalah segi metode, sukses atau tidaknya suatu program pembelajaran khususnya Bahasa seringkali di nilai dari segi metode yang di gunakan, sebab metodelah yang menentukan isi dan cara proses pembelajaran Bahasa. Metode pembelajaran juga merupakan bagian terpenting dalam melaksanakan proses belajar. Pembelajaran sebaiknya dilaksanakan dengan cara menarik yang mampu membangkitkan minat siswa untuk melaksanakan pembelajaran, Salah satu metode pengajaran yang dapat digunakan dalam pengajaran Bahasa arab adalah metode pembelajaran Eklektik, Metode Eklektik di kenal juga dengan metode aktif metode aktif atau metode gabungan karena metode ini gabungan dari unsur-unsur yang terdapat dalam beberapa metode. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif. Metode kualitatif adalah metode yang digunakan untuk pencarian fakta dengan interpretasi yang tepat untuk membuat deskriptif secara sistematis, factual dan akurat mengenai fakta fakta dan sifat-sifat antar fenomena yang diteliti. penerapan metode eklektik dalam pembelajaran Bahasa arab di Pondok Pesantren An-Nur Sidoarjo adalah menggabungkan unsur yang ada pada metode mubasyarah, metode sam’iyah wa safawiyah dan unsur yang ada dalam metode qawaid wa tarjamaah. Adapun faktor pendukung dari penerapan metode eklektik dalam pembelajaran Bahasa arab di ma’had annur sidoarjo adalah Semangat siswa dalam belajar Bahasa arab, Metode yang dapat menyesuaikan dengan kondisi siswa., Lingkungan berbahasa arab dan Media pembelajaran yang menunjang, sedanglan faktor penghambat dalam penerapan metode eklektik dalam pembelajaran Bahasa arab di pondok pesantren An-Nur sidoarjo adalah Latar belakang kemampuan siswa yang heterogen dalam hal Bahasa Arab khusunya baca tulis al Qur’an, dan Kurang terampilnya guru pengampuh dalam menguasai metode pembelajaran karna penerapan metode eklektik dibutuhkan ketrampilan penguasaan beberapa metode pembelajaran yang ada
Item Type: | Thesis (Undergraduate) |
---|---|
Additional Information: | Skripsi |
Uncontrolled Keywords: | penerapan; metode eklektik; |
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Islamic Studies > School of Arabic Languange Education |
Depositing User: | pba umsida |
Date Deposited: | 31 Aug 2018 03:29 |
Last Modified: | 31 Aug 2018 03:29 |
URI: | http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5420 |
Actions (login required)
View Item |