Pemanfaatan Media Online Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sidoarjo

Arifin, Zainal (2018) Pemanfaatan Media Online Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sidoarjo. Undergraduate thesis, Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.

[img] Text
Skripsi lengkap-142071000064.pdf.pdf - Published Version
Restricted to Registered users only
Available under License Creative Commons Attribution.

Download (4MB)

Abstract

ABSTRAK Zainal Arifin, NPM: 142071000064, 2018, Pemanfaatan Media Online dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN 1 Sidoarjo, Pembimbing Eni Fariyatul Fahyuni, S.Psi, M.Pd.I Kata Kunci : media online ; prestasi belajar ; pendidikan agama islam Semakin meluasnya kemajuan dibidang komunikasi dan teknologi serta ditemukannya dinamika proses pembelajaran, maka pelaksanaan kegiatan pendidikan dan pengajaran menuntut adanya media pembelajaran yang bervariasi. SMPN 1 Sidoarjo adalah sekolah yang dalam proses pembelajarannya telah didukung oleh sarana berbasis multimedia. Peneliti mencoba menerapkan media online sebagai media pembelajaran dengan tujuan untuk memaksimalkan hasil belajar siswa. Berdasarkan dari latar belakang tersebut maka penulis melakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui apakah pemanfaatan media online efektif meningkatkan prestasi belajar pada mata pelajaran PAI di SMPN 1 Sidoarjo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan metode penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Tahapan penelitian ini berupa siklus yang meliputi perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan menggunakan teknik observasi, wawancara, pengukuran tes hasil belajar, dan dokumentasi. Data yang diperoleh selanjutnya dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Analisis kualitatif digunakan untuk mendeskripsikan keaktifan belajar siswa yang diketahui dari hasil pengamatan aktivitas siswa di kelas, sedangkan analisis kuantitatif digunakan untuk mendeskripsikan hasil belajar siswa yang diketahui dari hasil penilaian setiap siklus. Berdasarkan hasil penelitian, terjadi peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan metode online. Hal ini diketahui melalui nilai tes yang dilakukan peneliti pada siklus I, II dan siklus III, didapatkan peningkatan prosentase dari siklus I ke siklus II sebesar 11 %, dan dari siklus I ke siklus III sebesar 18 %. Secara kualitatif, nilai siswa juga mengalami peningkatan skala nilai, dari nilai rata-rata tinggi ( 60-79 ) pada siklus I, menjadi rata-rata sangat tinggi ( 80-100) pada siklus II dan III. Berdasarkan hasil yang diperoleh dengan perencanaan yang matang, proses pelaksanaan yang terkendali serta melihat nilai yang diperoleh siswa, peneliti menyimpulkan bahwa media online dapat meningkatkan prestasi belajar siswa SMPN 1 Sidoarjo.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: Skripsi
Uncontrolled Keywords: media online ; prestasi belajar ; pendidikan agama islam
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Divisions: Faculty of Islamic Studies > School of Islamic Education
Depositing User: pai umsida
Date Deposited: 31 Aug 2018 02:38
Last Modified: 31 Aug 2018 02:38
URI: http://eprints.umsida.ac.id/id/eprint/5409

Actions (login required)

View Item View Item